Jawaban: Ketika Nusantara kedatangan budaya dari India, China, Persia dan Eropa pada masa dan cara yang berbeda-beda. Pola respons kebudayaan yang ada di nusantara berbeda-beda. Tuliskan tiga bentuk reaksi budaya terutama terkait agama dan kepercayaan para leluhur!

Ketika Nusantara kedatangan budaya dari India, China, Persia dan Eropa pada masa dan cara yang berbeda-beda. Pola respons kebudayaan yang ada di nusantara berbeda-beda. Tuliskan tiga bentuk reaksi budaya terutama terkait agama dan kepercayaan para leluhur!

Jawaban:

Tiga bentuk reaksi budaya terutama terkait agama dan kepercayaan para leluhur, yaitu:
  1. Asimilasi Budaya, yaitu ketika budaya baru yang datang diterima dengan baik dan diadopsi oleh masyarakat setempat, namun dengan pengaruh budaya yang sudah ada di Nusantara. Contohnya, agama Hindu-Buddha yang datang dari India berhasil diadopsi dan disesuaikan dengan kepercayaan lokal, sehingga muncul budaya Hindu-Buddha Indonesia yang khas dengan seni, arsitektur, dan adat istiadatnya.
  2. Akulturasi Budaya, yaitu ketika budaya baru yang datang disesuaikan dengan budaya lokal tanpa menghilangkan karakteristik asli dari budaya baru tersebut. Contohnya, agama Islam yang datang dari Timur Tengah disesuaikan dengan budaya lokal sehingga muncul budaya Islam Nusantara yang khas dengan seni, arsitektur, dan adat istiadatnya.
  3. Resistensi Budaya, yaitu ketika budaya baru yang datang ditolak dan tidak diterima oleh masyarakat setempat karena dianggap bertentangan dengan keyakinan dan kepercayaan mereka. Contohnya, ketika bangsa Eropa datang ke Nusantara membawa agama Kristen, banyak masyarakat setempat yang menolaknya karena agama Kristen tidak sesuai dengan kepercayaan lokal dan budaya mereka.

Komentar