Jawaban: Jelaskan persamaan makna Sangkan paraning dumadi (Jawa) dengan Mulajadi Nabolon (Batak, Parmalim), kaitkan dengan salah satu sifat/ ciri eksistensi adanya Tuhan.

Jelaskan persamaan makna Sangkan paraning dumadi (Jawa) dengan Mulajadi Nabolon (Batak, Parmalim), kaitkan dengan salah satu sifat/ ciri eksistensi adanya Tuhan.

Jawaban:

Persamaan makna Sangkan paraning dumadi (Jawa) dengan Mulajadi Nabolon (Batak, Parmalim) yaitu sama-sama mencerminkan keyakinan bahwa segala sesuatu dalam kehidupan ini memiliki sumber yang sama dan berasal dari kekuatan yang lebih besar, yaitu Tuhan.

Salah satu sifat/ciri eksistensi Tuhan yang terkait dengan persamaan makna Sangkan paraning dumadi dan Mulajadi Nabolon adalah keberadaan Tuhan sebagai pencipta alam semesta.

Sangkan paraning dumadi dan Mulajadi Nabolon merupakan istilah dalam kepercayaan tradisional Jawa dan Batak yang memiliki makna yang sama, yaitu "asal muasal atau sumber dari segala sesuatu". Kedua istilah ini mencerminkan keyakinan bahwa segala sesuatu dalam kehidupan ini memiliki sumber yang sama dan berasal dari kekuatan yang lebih besar, yaitu Tuhan.

Dalam pandangan kepercayaan tradisional Jawa dan Batak, Tuhan dianggap sebagai pencipta segala sesuatu, termasuk mikroba, tumbuhan, hewan, dan manusia. Oleh karena itu, urutan ciptaan tersebut mencerminkan kebijaksanaan dan keagungan Tuhan dalam menciptakan alam semesta dan mengatur segala sesuatunya secara berurutan dan berkesinambungan.

Komentar