Jawaban: Dua pihak yang silang pendapat dengan perbedaan pandangan mereka pada satu objek yang sama, pandangan keduanya bertolak belakang tetapi kedua- duanya sama-sama sangat yakin benar. Jalan kebijaksanaan yang sesuai mengakhiri perbedaan mereka adalah....

Dua pihak yang silang pendapat dengan perbedaan pandangan mereka pada satu objek yang sama, pandangan keduanya bertolak belakang tetapi kedua- duanya sama-sama sangat yakin benar. Jalan kebijaksanaan yang sesuai mengakhiri perbedaan mereka adalah....
A. Menerima perbedaan itu hal lumrah dan hanya karena beda sudut pandang
B. Bertukar pandangan untuk memutuskan salah satunya yang benar
C. Fokus pada kelemahan pihak lawan, membenarkan pihak sendiri
D. Mengajak salah satu pihak mengalah, satu pihak lain kali ini dibenarkan
E. Meniadakan objek yang diperdebatkan agar tidak ada perbedaan pendapat

Jawaban: A. Menerima perbedaan itu hal lumrah dan hanya karena beda sudut pandang

Menerima perbedaan itu hal lumrah dan hanya karena beda sudut pandang. Kita harus memahami bahwa setiap orang memiliki latar belakang, pengalaman, dan pandangan yang berbeda-beda sehingga perbedaan pendapat adalah hal yang wajar terjadi.

Menghargai perbedaan pendapat dan mencoba memahami sudut pandang orang lain dapat membantu kita memperluas wawasan dan memperdalam pemahaman.

Dalam situasi seperti ini, mengedepankan dialog yang baik dan saling menghargai pendapat dapat membantu mencari jalan tengah yang baik untuk kedua belah pihak.

Komentar