Bacaan Ayat Kursi Arab, Latin, Arti lengkap dengan Makna dan Keutamaannya

Ayat kursi sering dibaca sebagai doa untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT dari segala bentuk bahaya dan gangguan setiap saat.

Ayat ini mengandung pesan tentang pentingnya memohon perlindungan kepada Allah SWT dalam segala hal. Karena hanya Dia-lah yang Maha Melindungi dan Maha Pengasih.

Ayat Kursi dapat dibaca setiap saat dan di mana saja, baik dalam kondisi suci maupun tidak suci. Namun, ada beberapa waktu yang disarankan untuk membaca Ayat Kursi, seperti setelah shalat fardhu, sebelum tidur, saat berada di tempat yang gelap atau sepi, serta saat dalam perjalanan atau bepergian jauh.

Sebagai umat Muslim, sebaiknya kita membiasakan diri untuk membaca Ayat Kursi setiap hari dan memohon perlindungan serta bimbingan dari Allah SWT dalam kehidupan kita sehari-hari.

Berikut adalah bacaan Ayat Kursi Arab, Latin, Arti lengkap dengan Makna dan Keutamaannya:

Bacaan ayat kursi Arab:


Bacaan ayat kursi latin:

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.

Artinya:Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Maha Tinggi, Maha Besar.”

Berdasarkan penafsiran para ulama, ayat kursi mengandung makna sebagai berikut, diantaranya:
  • Kekuasaan dan kebesaran Allah SWT yang mutlak, serta perlindungan bagi manusia yang memohon kepada-Nya.
  • Menekankan keesaan Allah SWT, yang mencakup kekuasaan dan pengawasan yang mutlak atas seluruh alam semesta. Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang berkuasa atas segala sesuatu dan tidak ada Tuhan selain Dia.
  • Mengajarkan kepada kita, bahwa Allah SWT adalah Mahakuasa dan Maha Esa, tidak membutuhkan bantuan siapapun dalam menjalankan segala urusan-Nya. Allah SWT tidak pernah lelah atau tidur, sehingga segala urusan dan kebutuhan makhluk-Nya senantiasa dijaga dan diperhatikan oleh-Nya.

Keutamaan Ayat Kursi
Ayat Kursi memiliki banyak keutamaan, di antaranya:
  1. Memberikan perlindungan terhadap segala bentuk bahaya dan gangguan.
  2. Memberikan ketenangan dan keamanan jiwa bagi yang membacanya.
  3. Menjaga rumah dari kehadiran syaitan dan makhluk jahat.
  4. Membantu mengusir gangguan jin dan setan.
  5. Memberikan pahala yang besar bagi yang membacanya.

Komentar