Khotbah Pemuda Kristen Tentang Pergaulan: Bagaimana Cara Bergaul yang Sehat

Khotbah pemuda Kristen tentang pergaulan adalah pemberitaan firman Tuhan yang diberikan oleh seorang pendeta atau pemimpin gereja Kristen kepada para pemuda Kristen mengenai bagaimana cara bergaul yang sehat dan sesuai dengan prinsip-prinsip iman Kristen.

Khotbah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang prinsip-prinsip moralitas dan etika Kristen yang harus dipegang oleh pemuda dalam pergaulan sehari-hari.

Dalam khotbah ini, para pemuda Kristen diajarkan tentang pentingnya memilih pergaulan yang positif dan mendukung tujuan hidup mereka, serta menghindari pergaulan yang merugikan dan mengecilkan nilai diri mereka sebagai anak-anak Tuhan.

Khotbah pemuda Kristen tentang pergaulan ini bertujuan untuk memberikan arahan dan bimbingan bagi para pemuda Kristen dalam menghadapi pergaulan di dunia yang semakin kompleks dan penuh dengan godaan.

Berikut adalah khotbah pemuda kristen tentang pergaulan:

Saudara-saudara sekalian yang dikasihi dalam Yesus, hari ini saya ingin berbicara tentang sebuah topik yang mungkin menjadi perhatian banyak pemuda Kristen, yaitu pergaulan.

Pergaulan adalah bagian penting dari kehidupan kita sebagai manusia, namun seringkali kita melihat pergaulan yang tidak sehat dan tidak sesuai dengan prinsip-prinsip kehidupan Kristen.

Oleh karena itu, hari ini saya ingin berbicara tentang bagaimana kita sebagai pemuda Kristen dapat memperbaiki pergaulan kita agar lebih sehat dan sesuai dengan kehendak Tuhan.

Saudara-saudara sekalian yang dikasihi dalam Yesus, sebagai pemuda Kristen, kita harus mengenali nilai-nilai Kristen yang kita pegang sebagai dasar dari pergaulan kita. Seperti yang tercantum dalam Kitab Suci, kita dipanggil untuk mengasihi sesama, menjunjung tinggi kesucian diri, dan hidup dalam kebenaran. Oleh karena itu, ketika kita memilih teman atau partner, kita harus memilih orang yang juga memiliki nilai-nilai yang sama dengan kita, yang akan memperkuat iman kita dan membawa kita lebih dekat kepada Tuhan.

Sebagai pemuda Kristen, kita harus memilih pergaulan yang sehat dan memperkuat kita dalam iman kita. Kita harus memilih teman-teman yang membangun, yang mendukung kehidupan kita sebagai orang Kristen, dan yang memberikan pengaruh positif bagi kita. Kita harus menghindari pergaulan yang merusak moralitas kita dan mempengaruhi kita untuk melakukan hal-hal yang bertentangan dengan prinsip-prinsip Kristen, seperti merokok, narkoba, minum-minuman keras, dan kegiatan-kegiatan yang merusak moralitas dan kesehatan fisik kita.

Sebagai pemuda Kristen, kita harus memperhatikan tempat-tempat yang kita kunjungi dan aktivitas yang kita lakukan. Kita harus memilih tempat-tempat yang sehat dan aman, serta aktivitas yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip Kristen. Kita harus menghindari tempat-tempat dan aktivitas yang berisiko dan yang akan memperburuk kondisi kita dalam iman dan moralitas.

Saudara-saudara sekalian yang dikasihi dalam Yesus, pergaulan adalah bagian penting dari kehidupan kita sebagai pemuda. Namun, kita harus memilih pergaulan yang sehat dan sesuai dengan prinsip-prinsip Kristen. Kita harus mengandalkan Tuhan dalam setiap keputusan yang kita ambil dan memilih teman-teman yang membangun dan memperkuat iman kita. Dengan begitu, kita dapat hidup sebagai contoh yang baik bagi orang lain dan membawa kemuliaan bagi Tuhan. Amin.

Doa:

Tuhan, kami bersyukur atas kasih-Mu yang melimpah bagi kami selaku pemuda Kristen. Kami memohon kepada-Mu untuk memberikan kami kekuatan dan kebijaksanaan dalam setiap pergaulan kami. Bantulah kami untuk selalu memilih pergaulan yang sehat dan sesuai dengan prinsip-prinsip-Mu, dan menghindari pergaulan yang tidak baik untuk pertumbuhan iman dan kehidupan kami.

Bimbinglah kami untuk selalu menjaga prinsip dasar kasih dalam pergaulan, agar hubungan kami dengan sesama dapat saling membangun dan saling menguntungkan. Jangan biarkan kami terjerumus pada perilaku yang tidak baik, melainkan jadikanlah kami sebagai contoh dalam kebaikan dan moralitas.

Berikanlah kami teman-teman yang mendukung tujuan hidup kami dan memotivasi kami untuk tumbuh dalam iman dan kesetiaan pada-Mu. Bantulah kami untuk memilih pergaulan yang positif dan menghindari pergaulan yang merugikan dan mengecilkan nilai diri kami sebagai anak-anak-Mu.

Dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa. Amin.