Peluang Bisnis Pekerjaan Perencanaan dan Pelaksanaan Gedung


Peluang bisnis pada pekerjaan teknik bangunan dibawah naungan pekerjaan Jasa konstruksi dapat terdiri dari 3 macam spesifikasi pekerjaan, antara lain adalah pekerjaan perencanaan, pelaksanaan dan perawatan bangunan gedung.

Industri dalam dunia konstruksi bangunan yang selalu terus berkembang dengan seiring pesatnya dalam pembangunan Jasa konstruksi adalah jasa konstruksi.

Dengan demikian semakin majunya sebuah daerah, maka akan semakin berkembang pula usaha pada jasa konstruksi dikarena kebutuhan akan konstruksi bangunan gedung semakin meningkat baik yang dipergunakan untuk perumahan, daerah industri maupun fasilitas-fasilitas umum dan lainnya.

Usaha jasa konstruksi yang berguna dalam menunjang terwujudnya tujuan pembangunan nasional dapat mempunyai peranan sangat penting yang menjadi salah satu kegiatan dalam bidang sosial, ekonomi dan kebudayaan.

Pada kegiatan konstruksi bangunan yang dimulai dari tahap perencanaan yang dilakukan oleh tim Konsultan Perencana untuk kemudian dapat dilaksanakan oleh tim kontraktor konstruksi yang merupakan seorang manajer proyek atau kepala proyek.

Dalam tim ini bekerjanya didalam kantor atau direksi, sedangkan pelaksanaan dilapangan adalah dilakukan oleh mandor dalam proyek tersebut yang mengawasi seluruh buruh bangunan, sedangkan tukang dan para ahli bangunan lainnya dapat menyelesaikan pekerjaan fisik seluruh konstruksinya.

Dalam pembagian pekerjaan maupun pemindahan pekerjaan konstruksi dapat dilakukan oleh tim Pelaksana Lapangan.

Dalam pelaksanaan konstruksi bangunan ini dapat diawasi oleh tim bagian konsultan pekerjaan pengawasan (Supervision Engineer).

Dapat dilakukan sebuah perencanaan terpadu sebelum melaksanakan suatu pekerjaan dalam konstruksi.

Beberapa hal kemungkinan yang dapat terjadi saat pelaksanaan konstruksi yang terkait dengan metode penentuan besar kecilnya biaya yang dibutuhkan, pekerjaan rancang dan bangun, serta ketentuan-kentuan lainnya.

Adanya sebuah jadwal dalam perencanaan yang sesuai, akan menentukan sukses tidaknya sebuah konstruksi bangunan, yang dapat terkait dengan hal pembiayaan, adanya dampak dari lingkungan sekitar, keamanan dilingkungannya, ketersediaan bahan material, kebutuhan logistik, keamanan dan kenyamanan publik yang terkait dengan adanya pekerjaan konstruksi, dalam persiapan dokumen lelang dan tender, dan lain-lain.

Jadi, peluang bisnis pekerjaan perencanaan dan pelaksanaan gedung adalah, sebagai:
  • Kontraktor
  • Manajer Proyek
  • Mandor
  • Konsultan pekerjaan pengawasan (Supervision Engineer)