Aspek Utama dalam Pembuatan Bangunan Hijau (Green Building)


Material yang terdapat pada bangunan itu penting bukan hanya memperhatikan kualitasnya tetapi juga bagaimana perawatannya.

Karena pada dasarnya material dengan kualitas sebagus apapun apabila tidak dirawat maka akan rusak dan menjadi sumber berkembangnya kuman atau menjadi tidak dapat bekerja dengan baik.

Green material merupakan material yang mengandung dasar aspek ramah lingkungan yang mampu memberikan kontribusi di dalam rangka mencapai suatu bangunan yang ramah lingkungan dan bersahabat dengan alam.

Berikut beberapa aspek utama dalam pembuatan bangunan hijau (green building) antara lain :
  • Bahan material yang digunakan dalam bangunan hijau untuk membuat bangunan harus bahan yang diperoleh dari alam, dan merupakan sumber energi terbarukan yang telah dikelola secara berkelanjutan.
  • Menggunakan energi Penerapan panel surya yang diyakini dapat mengurangi pengeluaran biaya kebutuhan listrik didalam bangunan.
  • Dalam penggunaan air dapat dihemat dengan cara menginstal sistem tangkapan dari air hujan.
  • Penggunaan bahan material bagunan dan furnitur harus bebas racun, bebas emisi, rendah atau non-VOC/Volatile Organic Compounds (senyawa organik yang mudah menguap), tahan air mencegah datangnya kuman dan mikroba lainnya yang dapat menjaga kesehatan para penghuninya.