Rangkuman BAB 12 Berperan Aktif Mencegah Perusakan Alam - Kelas 10 Kurikulum Merdeka


Berperan Aktif Mencegah Perusakan Alam adalah BAB 12 buku Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas X SMA/SMK Kurikulum Merdeka.

Adapun materi BAB 12 Berperan Aktif Mencegah Perusakan Alam ini adalah:
  1. Mari Kita Lihat Kondisi Alam Indonesia
  2. Dasar Teologis untuk Memelihara Lingkungan
  3. Tanggung Jawab Manusia untuk Memelihara Alam

Setelah mempelajari BAB 12 ini, peserta didik diharapkan mampu memahami berbagai bentuk tindakan pencegahan kerusakan alam.

Berikut adalah rangkuman BAB 12 Berperan Aktif Mencegah Perusakan Alam dalam buku Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka:

Untuk wilayah negara Indonesia, bencana alam akibat ulah manusia cukup sering terjadi. Contoh paling nyata adalah banjir yang terjadi sejak puluhan tahun lamanya di berbagai tempat. Penyebabnya jelas, karena mendangkalnya sungai akibat bertumpuknya sampah.

Tuhan menciptakan alam dengan sempurna dan menugaskan manusia untuk mengelolanya. Sayangnya, banyak manusia yang lebih mementingkan diri sendiri. Sehingga cepat atau lambat, tindakan ini menghancurkan lingkungan dan alam.

Dasar teologis untuk memelihara lingkungan, yaitu Kejadian 2:15 yang berisi perintah Tuhan Allah kepada manusia, yaitu mengusahakan dan memelihara Taman Eden.

Tugas kita bukanlah mengolah taman yang diberikan Allah dengan sewenang-wenang, melainkan menjaganya dengan penuh tanggung jawab.

Tanggung jawab manusia untuk memelihara alam adalah bersikap peduli terhadap kelestarian alam.

Gerakan menjaga kelestarian lingkungan tidak bisa hanya diserahkan kepada Lembaga Adat dan pemerintah. Gereja harus mengambil peran aktif menjaga kelestarian lingkungan dan warga jemaat harus dilibatkan dalam upaya seperti ini.

Sebagai generasi muda, kita harus berperan aktif menjawab ajakan Tuhan untuk memelihara alam dengan penuh tanggung jawab.

Itulah rangkuman atau ringkasan materi BAB 12 Berperan Aktif Mencegah Perusakan Alam. Semoga bermanfaat.