Rangkuman BAB 1 Meraih Kesuksesan dengan Kompetisi dalam Kebaikan dan Etos Kerja - Kelas 10 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Meraih Kesuksesan dengan Kompetisi dalam Kebaikan dan Etos Kerja adalah BAB 1 buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Adapun materi BAB I Meraih Kesuksesan dengan Kompetisi dalam Kebaikan dan Etos Kerja ini adalah:
  1. Q.S. al-Maidah/5: 48 tentang Kompetisi dalam Kebaikan
  2. Q.S. at-Taubah/9: 105 tentang Etos Kerja

Setelah mempelajari BAB 1 ini siswa diharapkan kompeten dalam membaca, menghafal, dan menganalisis ayat dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah rangkuman BAB 1 Meraih Kesuksesan dengan Kompetisi dalam Kebaikan dan Etos Kerja dalam buku PAI dan Budi Pekerti Kelas 10 SMA/SMK Semester 1 Kurikulum Merdeka:
  1. Q.S. al-Maidah/5: 48 berisi perintah untuk berlomba dalam kebaikan.
  2. Al-Qur’an diturunkan oleh Allah Swt. dengan haq (kebenaran), dan membenarkan kitab-kitab sebelumnya.
  3. Al-Qur’an adalah muhaimin terhadap kitab-kitab terdahulu karena ia menjadi saksi atas kebenaran kandungan kitab-kitab terdahulu.
  4. Al-Qur’an memelihara dan mengukuhkan prinsip ajaran Ilahi yang bersifat universal (kully) dan mengandung kemaslahatan abadi bagi umat manusia sepanjang masa.
  5. Tiap-tiap umat memiliki aturan (syariat) yang akan menuntunnya menuju kebahagiaan abadi.
  6. Allah Swt. telah menjadikan syariat Nabi Muhammad Saw. sebagai penyempurna syariat para nabi terdahulu serta membatalkan sebagian syariat sebelumnya.
  7. Berlomba dalam kebaikan merupakan suatu ajakan kepada orang lain dengan dimulai dari diri sendiri untuk selalu menempuh jalan yang diridai oleh Allah Swt.
  8. Q.S. at-Taubah/9: 105 berisi perintah untuk bekerja keras (etos kerja).
  9. Allah Swt. memerintahkan untuk beramal saleh hingga manfaatnya bisa dirasakan oleh diri sendiri maupun masyarakat luas.
  10. Setiap amal akan dilihat oleh Allah Swt., Rasulullah Saw. dan mukminin di akhirat kelak.

Itulah rangkuman atau ringkasan materi BAB 1 Meraih Kesuksesan dengan Kompetisi dalam Kebaikan dan Etos Kerja. Semoga bermanfaat.

Komentar