Istana Maimun Objek Wisata Bangunan Bersejarah di Kota Medan



Istana Maimun adalah salah satu objek wisata bangunan bersejarah di kota Medan, yang beralamat di Jl. Brigjend Katamso No.66, A U R, Kota Medan, Sumatera Utara.

Berikut adalah beberapa review tentang Istana Maimun: 

Yulberti Tarra:
Ini bangunan sejarah kota Medan ya. Untuk bangunannya terasa sekali sudah puluhan atau ratusan tahun mungkin. Dulunya tempat kediaman raja deli kalo saya tidak salah. Bisa cek digoogle. Sekarang dijadikan tempat objek wisata. Halamannya luas sekali. Untuk dalam gedung banyak terdapat barang dan foto-foto yang dulu digunakan oleh para raja/ratu disana. Sekarang ruang dalam juga jadi ada penjual-penjual souvenir oleh-oleh Medan, mulai tas, dompet, baju, kain, mainan, gantungan kunci sampai pakaian adat dan batu cincin. Disana bisa sewa baju adat juga untuk foto-foto. Tiket masuk 10 ribu perorang ya. Lokasi dekat masjid Al Mahsun. Bisa jalan kaki kalau mau main kesana juga.

Nurul Ardianti:
Istana raja Melayu jaman dahulu. Tiket masuk 10rb perorang, ada jasa peminjaman baju kerajaan melayu untuk pose2 ciamik. Ada yg jual souvenir. Sayang pas sy dtg agak kotor mungkin krn pandemi kemarin. Smg perawatannya bs lebih baik lagi.

Ibnu Siddik:
Salah satu tempat peninggalan sejarah di Kota Medan.
Bangunan tua yang menyimpan sejuta sejarah tiap sudut bangunan nya.
Untuk masuk ke area ini gratis tidak dipungut biaya, hanya saja jika ingin masuk ke dalam istananya perlu membayar tiket masuk 10rb
Walaupun bangunan tua tempat ini masih terawat dengan baik, banyak spot-spot foto yang instagramable.

hakiem production:
Tau ga sih... tempat yang syarat dengan sejarah, terjaga, terpelihara, baik benda bersejarahnya, maupun lingkungan pendukungnya... ISTANA MAIMUN... Jangan kalian lewatkan ketika singgah ke Medah... Selain View yang sangat bagus, dilengkapi juga dengan aneka kuliner...

Zul Fahmi:
Ini destinasi wisata utama di kota medan. Tempatnya asyik tersedia kafe, warung makan, tempat pejualan souvenir khas medan, toiletnya bersih. Mau tau sejarah kota medan juga ada guide lokal disini. Pokoknya seru sobaatt..

eka maulisa:
Tempat sejarah di kota Medan yang wajib dikunjungi. Datang di waktu sore lebih seru, banyak anak-anak yang bermain sehingga suasana nya lebih terasa, Istana Maimoon salah satu ikon Medan yang ga boleh terlewatkan!

Ima Ima:
Lokasi di tengah kota Medan. Harga tiket masuk 10k/org dan didalam istana terdapat benda benda peninggalan kerajaan Delli. Bagi yang datang tidak kesorean, bisa sewa kuda untuk sekedar keliling istana.

Arbima Busro:
Jika ingin suasana tenang jgn datang saat weekend. Saat datang bangunannya lg ada perbaikan di sejumlah titik, seperti scaffolding dan pekerja cst di atap. Jd mengurangi estetika foto. Jika boleh saran yang menjual souvernir di tempatkan di lantai dasar saja agar atmosfir istananya tetap terjaga, dan loketnya lebih baik di tempatkan di tangga tengah sebelum baik lantai 2. Semoga kedepannya lebih tertata lagi.

Niswati Saniah Syarif:
Pelayanan oleh petugas cukup baik bahkan saat kami berkunjung pas hari ied fitri hari ke 1 kami disuguhi lontong gratis... alhamdulillah...
Hanya kalau lihat bangunannya sepertinya dipugar agar kelihatan lbh terawat.

Noor Asyhadi:
Tempatnya bagus, masuk halaman istananya terbuka untuk umum. Saya datang saat pagi sebelum jam 7, banyak warga sekitar yang berolahraga.
Cuma karena saya datang untuk lari pagi, jadi belum dibuka istananya. Penasaran sih ingin masuk.
Untuk kebersihan, mungkin karena saya datang pagi sekali, jadi masih banyak yang belum dibersihkan.
So far tempatnya bagus, namun butuh lebih banyak perhatian untuk peningkatan perawatan situs budaya bangsa ini.

Trisnanto Yuono:
Istana muslim Melayu sultan Medan yang masih digunakan hingga saat ini saat acara-acara kerajaan. Saat ini dipimpin oleh Sultan ke 14 yang ditunjuk sejak usia 7 tahun, info saat ini sultan masih kuliah di ITB. Tentu banyak cerita dari bangunan ini.. bagus untuk menambah wawasan dan bukti kehadiran Muslim di Medan.. T.O.P

Evil Inside:
Enak banget hunting foto gratis di lapangan depan istana maimun. Bersih ga ada sampah juga, tapi mungkin butuh perhatian lebih dari kita dan pemerintah setempat juga untuk keberlangsungan tempat ini.

M Masyon:
Satu lagi tempat bersejarah di Medan yaitu istana maimoen.
Kalian yang datang ke kota ini wajib banget untuk mendatanginya, harga tiket hanya 10K per orang.
Disini kalian juga bisa sewa baju kebangsaan Sultan..
Jadi seru banget
Salah satu bagian yang menarik adalah silsilah dari Sultan Maimoen yang memiliki garis keturunan hingga ke Nabi Muhammad Saw, disini disebutkan nasab nya secara jelas dan detail..
Yukk lihat langsung saja ya..

khana karnain:
Situs sejarah pemerintahan Kota Medan. Trip di objek ini berdurasi 30 menit hingga 1 jam. Tiket parkir mobil Rp5.000 dan harga tiket masuk istana Rp10.000/orang. Di dalam istana terdapat singgasana, ornamen, dan foto-foto anggota kerajaan serta gambaran suasana tempo dulu. Terdapat juga penjual suvenir di area dalam istana. Bagian terbaik dari istana ini menurut saya langit-langit dan corak dinding istana yang sangat detil dan khas.

Ilham Hendrawan:
Keren sih buat foto foto udah dua kali kesini. Bisa sewa kostum buat foto foto jadi sultan dan ratu. Ada smoking area juga. Dekat dengan buat street food. Lokasi yang strategis juga. Penajaga juga saat itu ramah.. Best experience sih di kota medan.

Muhammad Yaumul Rizky:
Awalnya denger Maimun dikira nama orang yang punya istana, ternyata bangunan bersejarah megah dan indah di Medan.
Area tamannya luas untuk kumpul2 dan beristirahat. Datang malam2 masih ramai dengan aktivitas olahraga. Sayangnya tidak sempat masuk ke dalam istana karena sudah malam. Kalau mau masuk ke dalam hanya dari siang sampe sore aja
Ada parkiran mobil dan beberapa tempat makan.

aning miza:
Mesjid tua yang menjadi legenda serta ikon kota medan. Setiap pengunjung yang datang biasanya menyempatkan diri tuk foto2, selain beribadah tentunya. Ada juga yang menjadikan untuk tempat melangsungkan akad nikah.

ArcNoob:
Istana Maimun didesain oleh arsitek Capt. Theodoor van Erp, seorang tentara Kerajaan Belanda yang dibangun atas perintah Sultan Deli, Sultan Ma'moen Al Rasyid. Pembangunan istana ini dimulai dari 26 Agustus 1888 dan selesai pada 18 Mei 1891. Istana Maimun memiliki luas sebesar 2.772 m2 dan 30 ruangan. Istana Maimun terdiri dari 2 lantai dan memiliki 3 bagian yaitu bangunan induk, bangunan sayap kiri dan bangunan sayap kanan. Bangunan istana ini menghadap ke Timur dan pada sisi depan terdapat bangunan Masjid Al-Mashun atau yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Raya Medan.

Doddy Iskandar Jr S sos:
Bisa Di Bilang baru beberapa x berkunjung ke Istana Maimoon.dan x ini ada kesempatan datang ke sini lagi untuk shooting progam Radio Kede Kak anggi...overall kerenn dan sudah ada guide nya..yang ramah dan yang detail kasih informasi tentang sejarah Istana maimoon.selain itu juga ada sajian musik melayu pas di depan pintu masuk Istana maimon yang semakin menambah nilai estetik sebuah istana...,dan di tambah lagi tersedia aksesoris aksesoris khas Melayu dan bbrapa etnis dan tersedia juga penyewaan baju adat melayu...
hmm tapi kalau boleh saran nih..., di halaman bagian luar dan samping kanan kiri bisa lebih di perhatikan...agar menambah view utk spot foto...makasihhh