Isi dan Kandungan Q.S. al-Isra’/17: 32 Lengkap Dengan Maknanya


Berikut adalah uraian penjelasan tentang Isi dan Kandungan Q.S. al-Isra’/17: 32 Lengkap Dengan Maknanya.

Q.S. al-Isra’/17: 32 adalah perintah tentang larangan untuk tidak mendekati perbuatan zina.

Adapun isi Q.S. al-Isra’/17: 32 adalah sebagai berikut:

“Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk”

Di satu sisi, seks dalam pandangan Islam merupakan sesuatu yang suci. Namun di sisi lain, karena adanya perbuatan zina, maka menjadikan seks itu sesuatu yang kotor dan menjijikkan serta akan berpotensi menimbulkan berbagai penyakit yang membahayakan kehidupan manusia jika terjadi penyimpangan dalam penyalurannya.

Adapun kandungan Q.S. al-Isra’/17: 32, yaitu bahwa mendekati perbuatan zina saja sudah terlarang, apalagi jika sampai melakukannya, maka tentu saja pelakunya telah melakukan perbuatan yang keji dan menempuh jalan yang sangat buruk. Mengapa? Karena hal ini dapat menimbulkan berbagai akibat antara lain tercerabutnya akar kekeluargaan atau nasab, menyebarnya penyakit menular, merajalelanya nafsu dan kemaksiatan serta terjadinya degragasi moral di tengah masyarakat.
 
Hal ini menegaskan, pada kalimat “dan janganlah kamu mendekati zina” (dengan melakukan hal-hal yang keji) meskipun hanya dalam bentuk hayalan sekali pun. Karena sesungguhnya perbuatan zina itu adalah suatu perbuatan yang sangat keji dan melampaui batas dalam ukuran apa pun, serta merupakan jalan yang sangat buruk untuk menyalurkan kebutuhan biologis manusia.

Dengan demikian, makna Q.S. al-Isra’/17: 32 adalah Islam secara tegas melarang perbuatan zina karena merupakan perbuatan yang keji dan jalan yang buruk.