6 Manfaat Belajar Ilmu Sejarah


Setelah membaca materi tentang ilmu sejarah sejak bangku SD dan SMP serta melakukan berbagai aktivitas, tentu kita menemukan manfaat dari belajar ilmu sejarah.

Ilmu sejarah mempelajari berbagai peristiwa pada masa lampau yang berguna untuk menjelaskan dan mengungkap berbagai peristiwa pada hari ini dan masa mendatang. Hal inilah yang dimaksud dengan masa lalu selalu aktual dan relevan.

Berikut adalah kegunaan atau manfaat belajar ilmu sejarah adalah:
  1. Menjelaskan bagaimana manusia dan tindakan mereka mungkin dipengaruhi oleh situasi politik atau masalah ekonomi atau kondisi geografi. Melalui sejarah, kita akan memahami perilaku manusia dan nilai-nilai suatu masyarakat.
  2. Memberikan pemahaman bahwa orang-orang pada masa lalu mungkin tidak memiliki nilai yang sama seperti yang kita miliki saat ini. Pemahaman tentang masa lampau akan membantu kita untuk menghindari kesalahan agar tidak terulang pada masa kini dan mendatang.
  3. Mengenal siapa diri kita sebagai pribadi dan mengenal siapa kita secara kolektif (sebagai bagian dari suatu kelompok masyarakat dan bangsa). Pemahaman tentang identitas akan menumbuhkan ikatan sosial (contohnya ketika kita mengetahui tentang sejarah keluarga maka akan menumbuhkan jiwa saling membantu karena menjadi bagian dari suatu keluarga).
  4. Memahami memori dan tradisi yang diwariskan oleh generasi sebelumnya ke generasi mendatang hingga bagaimana sejarah membentuk kondisi kita saat ini.
  5. Menumbuhkembangkan kecakapan berpikir kritis, kreatif, imajinatif, dan reflektif
  6. Menumbuhkembangkan kecakapan ilmiah seperti mencari sumber (heuristik), memilah sumber (verifikasi), dan menganalisis sumber sejarah (interpretasi).

Itulah manfaat atau kegunaan mempelajari ilmu sejarah. Belajar sejarah akan membantu kita memahami tentang diri kita dan esensi diri kita. Bukan hanya tentang identitas kita, melainkan memahami diri kita dengan segenap pikiran dan tindakan. Dengan demikian, kita memiliki kesadaran dalam melakukan suatu hal, baik dalam pikiran maupun tindakan. Boleh dikatakan, belajar sejarah seperti cermin yang akan memberikan pemahaman akan diri kita seutuhnya.