Pesan Alkitab untuk Anak-anak Dalam Menghormati Orang Tua


Berikut adalah pesan alkitab untuk anak-anak dalam menghormati dan mentaati orang tua. Diharapkan setiap anak dapat menghormati dan mentaati orang tuanya sesuai dengan ajaran Tuhan.

Sejak kecil mungkin kita sudah belajar tentang Sepuluh Hukum Taurat, yaitu apa yang harus kita lakukan kepada Tuhan dan kepada sesama manusia. Mungkin kita juga pernah menghafal isi Sepuluh Hukum Taurat ini.

Perhatikan bahwa perintah pertama yang dilakukan untuk sesama manusia adalah, “Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan Tuhan, Allahmu, kepadamu” (Keluaran 20: 12).

Dapatkah kita katakan bahwa ini suatu kebetulan, artinya urutan penempatan tidak memegang peranan penting? Tentu tidak. Melalui orang tualah kita hadir di dunia.

Melalui orang tualah kita belajar tentang berbagai hal, mulai dari belajar berjalan, belajar bicara, belajar mana yang baik dan buruk, mana yang boleh dilakukan dan mana yang harus dihindarkan.

Di dalam Perjanjian Baru, Rasul Paulus kembali menegaskan perintah ini, “Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. Hormatilah ayahmu dan ibumu. Ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi.” (Efesus 6:1-3).