Pengertian Pengenalan Pola (Pattern Recognition) dan Contoh Aplikasinya


Berikut adalah pengertian pengenalan pola (pattern recognition) dan contoh aplikasi yang menggunakan pengenalan pola.

Pengenalan pola adalah kemampuan untuk mengidentifikasi persamaan atau bahkan perbedaan pola, tren, dan keteraturan dalam data, yang kemudian digunakan untuk membuat prediksi dan menyajikan data.

Contoh aplikasi yang menggunakan pengenalan pola adalah sebagai berikut:
  1. Machine Vision (VM), yaitu teknologi dan metode yang digunakan untuk menyediakan inspeksi dan analisis berbasis gambar otomatis untuk aplikasi seperti inspeksi otomatis, kontrol proses, dan panduan robot di industri.
  2. Optical Character Recognition (OCR), yaitu proses mengubah gambar huruf menjadi karakter ASCII yang dikenali oleh komputer. Gambar dari surat-surat yang dimaksud dapat berupa scan dokumen, screen untuk mencetak halaman web, foto dan lain-lain (Mohammad, Anarase, Shingote and Ghanwat, 2014).
  3. Computer aided diagnosis (CAD), yaitu data yang dihasilkan oleh komputer untuk membantu dokter membuat diagnosis. Berbeda dengan diagnostik komputer otomatis, di mana diagnosis akhir hanya didasarkan pada algoritma komputer.
  4. Speech Recognition atau yang biasa dikenal dengan automatic speech recognition (ASR), yaitu pengembangan teknik dan sistem yang memungkinkan komputer menerima informasi dalam bentuk kata-kata yang diucapkan.
  5. Facial recognition, yaitu salah satu jenis sistem identifikasi “biometrik”. Sistem ini mengidentifikasi seseorang dengan fitur-fitur khusus pada tubuh maupun DNA yang membedakan satu orang dengan orang lainnya.
  6. Biometric, yaitu teknologi untuk mengidentifikasi ciri biologis seseorang.
  7. Image Data Base Retrieval, yaitu teknik untuk mengambil informasi dari gambar
  8. Data mining, yaitu suatu proses pengumpulan informasi penting dari suatu data yang besar.
  9. Bioinformatika, yaitu ilmu yang mempelajari penerapan teknik komputasional untuk mengelola dan menganalisis informasi biologi.