Pengertian LAN (Local Area Network), Fungsi, Karakteristik dan Keuntungannya


Berikut adalah pengertian LAN (Local Area Network/Jaringan Area Lokal), Fungsi, Karakteristik dan Keuntungannya.

Jaringan Lokal atau biasa dikenal LAN (Local Area Network/Jaringan Area Lokal) adalah Jaringan komputer yang mencakup wilayah kecil untuk model jaringannya, seperti jaringan komputer sekolah, kampus, lab, gedung, kantor, dalam rumah atau yang lebih kecil.

Fungsi Jaringan Area Lokal adalah untuk menghubungkan komputer bersama-sama dan menyediakan akses bersama ke printer, file, dan layanan lainnya. 

Pada Jaringan Lokal teknologi yang digunakan berbasis pada IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch karena koneksi menggunakan kabel, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s.

Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi IEEE 802.11 (atau biasa disebut Wi-fi) jaringan tanpa kabel juga sering digunakan untuk membentuk LAN.

Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wireless Fidelity (Wi-fi) atau WLAN biasa disebut hotspot.

Pada jaringan LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri yang berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer dapat mengakses sumber daya yang ada pada LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur pada LAN.

Sumber daya yang diakses dapat berupa data(file & folder) atau perangkat seperti printer dan scanner.

Selain itu pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai seperti chatting menggunakan command prompt atau mengontrol(meremote) komputer dari jaringan.

Adapun Karakteristik LAN, yaitu:
  • Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
  • Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
  • Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan sebagai server yang menyediakan berbagai layanan dan mengatur semua sistem yang ada di dalam jaringan.

Keuntungan Menggunakan Jaringan LAN
Beberapa keuntungan menggunakan Jaringan LAN (Local Area Network/Jaringan Area Lokal) dalam bisnis adalah sebagai berikut:
  • Mengurangi Biaya: LAN menghadirkan pengurangan yang signifikan dalam biaya perangkat keras Jaringan Area Lokal dan pengumpulan sumber daya yang efisien.
  • Peningkatan Kapasitas Penyimpanan: Dengan menyatukan semua data ke dalam server penyimpanan data pusat, jumlah server penyimpanan yang dibutuhkan berkurang dan efisiensi operasi meningkat.
  • Fleksibilitas yang Dioptimalkan: Data dapat diakses oleh perangkat apa pun dari mana saja melalui koneksi Internet.
  • Komunikasi yang Efisien: File dan pesan dapat ditransfer secara real time dan diakses dengan mudah dari mana saja di perangkat apa pun.

Baca Juga...

There is no other posts in this category.