Penerapan Keamanan Sederhana dan Pengumpulan data – Informatika kelas 10 SMK


Berikut adalah soal mata pelajaran Informatika kelas X SMK materi Penerapan Keamanan Sederhana dan Pengumpulan data lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Mengapa penerapan keamanan data perlu dilakukan?
  2. Sebutkan dan jelaskan contoh secara sederhana hal yang bisa kita lakukan dalam penerapan keamanan data
  3. Apa yang dimaksud dengan Pengumpulan Data?
  4. Jelaskan tujuan utama pengumpulan data
  5. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis pengumpulan data
  6. Mengapa pengumpulan data itu penting
  7. Sebutkan dan jelaskan metode untuk melakukan pengumpulan data

Kunci Jawaban:

1. Penerapan keamanan data perlu dilakukan agar data yang kita miliki tidak dengan mudah di akses oleh orang asing, seperti pembocoran, pencurian, modifikasi dari data yang kita miliki.

2. Contoh secara sederhana hal yang bisa kita lakukan dalam penerapan keamanan data, yaitu:
  • Memasang password dokumen, yakni menambahkan password pada dokumen yang akan kita buat, sehingga untuk mengakses dokumen tersebut diperlukan password sebagai akses masuk. Contohnya dokumen kita pada Microsoft Word.
  • Melakukan enkripsi teks, yakni proses penyandian informasi, dimana isi didalam informasi yang kita miliki diubah menjadi sebuah text yang tidak dapat dibaca oleh siapapun sebelum enkripsi tersebut dibatalkan (decrypt). Contohnya melakukan enkripsi pada sebuah teks dengan platform gratis yang ada situs web dengan menggunakan bahasa pemrograman
  • Akses Kontrol Lingkungan Komputer. Contohnya memasang akses control seperti password di perangkat Laptop/PC.
3. Pengumpulan Data adalah proses mengumpulkan dan menganalisis informasi spesifik untuk menawarkan solusi pertanyaan yang relevan dan mengevaluasi hasilnya.

4. Tujuan utama pengumpulan data adalah untuk memudahkan peneliti dalam membuat evaluasi dan mampu membuat prediksi dari hasil analisa data untuk masa depan.

5. Jenis-jenis pengumpulan data ada 2 jenis, yaitu:
  • Pengumpulan data primer, yakni dalam proses pengumpulannya, data primer didapatkan dengan melibatkan partisipasi aktif dari peneliti. Biasanya, data primer dikumpulkan melalui kegiatan survei, observasi, eksperimen, kuesioner, wawancara pribadi dan media lain yang digunakan untuk memperoleh data lapangan.
  • Pengumpulan data sekunder, yakni metode pengumpulan data sekunder sering disebut juga dengan metode penggunaan bahan dokumen. Karena dalam hal ini, peneliti tidak secara langsung mengambil data sendiri tapi meneliti dan memanfaatkan data yang dihasilkan oleh pihak-pihak lain.
6. Pengumpulan data itu penting, alasannya:
  • Mengurangi kemungkinan kesalahan untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan di dalam prosesnya.
  • Mengambil keputusan yang terstruktur untuk meminimalisir risiko.
  • Hemat biaya dan waktu
  • Mendukung kebutuhan dari ide, gagasan, atau inovasi baru
7. Metode untuk melakukan pengumpulan data, antara lain:
  • Wawancara, yaitu percakapan tatap muka antara dua individu dengan tujuan tunggal mengumpulkan informasi yang relevan untuk memenuhi tujuan penelitian. Alat-alat yang diperlukan untuk melakukan wawancara adalah seperti perekam suara, kamera digital, dan kamera perekam video.
  • Kuesioner, yaitu proses pengumpulan data melalui instrumen yang terdiri dari serangkaian pertanyaan dan petunjuk untuk menerima respons dari individu yang diberikannya.
  • Studi Kepustakaan, yaitu kegiatan untuk menghimpun informasi yang relevan dengan topik atau masalah yang menjadi objek penelitian. Informasi tersebut dapat diperoleh dari buku-buku, karya ilmiah, tesis, disertasi, ensiklopedia, internet, dan sumber-sumber lain.