Pembaruan yang Berkelanjutan


Pembaruan yang Berkelanjutan adalah perubahan-perubahan yang secara terus menerus ke arah yang lebih baik. Perubahan-perubahan tersebut bisa didapatkan atas pertolongan Allah, kebijakan pemerintah dan peran warga masyarakat itu sendiri.

Berikut adalah uraian Pembaruan yang Berkelanjutan.

Setelah Allah memimpin bangsa kita keluar dari Orde Baru dan memasuki Era Reformasi, apakah tugas-Nya sudah selesai atas bangsa ini? Tentu saja tidak! Kita percaya bahwa Allah terus memimpin bangsa kita dalam berbagai langkah pembaruan yang terus kita jalani.

Saat ini, kita bisa menyaksikan perubahan-perubahan fisik di negara yang kita yakini sebagai bagian dari karya Allah untuk memperbarui bangsa kita. Ada pembangunan infrastruktur di mana-mana, sehingga membangkitkan gairah ekonomi bangsa.

Sejumlah jalan tol sudah dibangun oleh pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Jalan tol Trans Sumatera, misalnya, menghubungkan Lampung di Sumatera Selatan dengan berbagai wilayah lainnya di Sumatera.

Keberadaan jalan tol seperti ini sangatlah menguntungkan secara ekonomis karena aliran berbagai produk antar wilayah menjadi lebih mudah. Dengan demikian, kehidupan rakyat yang berada di daerah yang semula sulit dijangkau menjadi terangkat secara ekonomis.

Pembangunan tol ini sudah dimulai sejak tahun 2015 pada saat kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan masih akan terus berlanjut di berbagai wilayah Indonesia lainnya, termasuk wilayah Papua.

Betul bahwa saat ini kita masih menyaksikan berbagai pergolakan di berbagai wilayah yang menunjukkan bahwa masih banyak orang yang belum merasa puas dengan perbaikan-perbaikan yang sudah dilakukan selama ini.

Namun, kita harus jujur melihat banyaknya perubahan yang sudah terjadi dibandingkan dengan keadaan sebelum Indonesia merdeka di tahun 1945, atau bahkan sebelum mengalami reformasi di tahun 1998.

Akan tetapi, ketimpangan tetap ada di antara mereka yang kaya dengan yang miskin. Cukup banyak rakyat yang mengharapkan perlakuan yang lebih adil, kesempatan yang lebih luas untuk menikmati kekayaan wilayahnya, serta kesempatan pendidikan dan pekerjaan yang lebih setara dengan saudara-saudara sebangsa mereka di bagian lain wilayah Indonesia.

Itu sebabnya kita masih mengharapkan pertolongan Allah untuk terus menciptakan kedamaian dan perdamaian dalam kehidupan berbangsa kita sehingga hak asasi manusia bagi seluruh bangsa bisa ditegakkan (BBC.com, 2019).

Sebagai warga negara yang baik, kita tidak bisa hanya bersikap pasif menunggu datangnya perubahan, tetapi kita harus mengambil peran yang lebih aktif dalam mengupayakan terjadinya perubahan menjadi lebih baik.

Tanggung jawab membuat negara dan bangsa Indonesia menjadi lebih sejahtera tidak bisa diletakkan hanya kepada para pimpinan negara dan pejabat publik. Kita semua harus siap sedia untuk bekerja keras mengusahakan hal-hal yang baik itu terjadi.

Sebagai siswa hal sederhana yang dapat kamu lakukan adalah belajar dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan bekal sebanyak mungkin sehingga wawasan kamu semakin luas dan cara berpikir kamu pun semakin kritis dan kreatif melihat berbagai kesempatan untuk melakukan perubahan.

Pada tataran praktis, kamu bisa terlibat dalam berbagai aktivitas yang membuat lingkungan sekitar kamu menjadi lebih baik. Misalnya, kamu dapat mengajak teman-teman sebaya untuk menjaga agar lingkungan tetap bersih sambil tetap memberikan pembekalan agar tumbuh kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.