Manfaat Pertemanan pada Remaja Lengkap Dengan Penjelasannya


Berikut adalah manfaat pertemanan pada remaja lengkap dengan penjelasannya.

Ada suatu hasil kajian menarik tentang pola pertemanan antara laki-laki dan perempuan, mulai dari mereka berusia 18 tahun sampai 64 tahun (Amati dkk, 2018; Rabaglietti & Ciairano 2008).

Hubungan pertemanan pada remaja, bisa menjadi lebih akrab dibandingkan dengan hubungan terhadap anggota keluarga, terutama bila memang tidak ada kehangatan dengan orang tuanya. Selain itu, remaja memang banyak menghabiskan waktu di luar rumah, untuk ke sekolah dan berbagai aktivitas pengisian waktu luangnya.

Berikut beberapa manfaat pertemanan pada remaja, antara lain:
  1. Menguatkan pengenalan diri karena memiliki kesempatan luas untuk membandingkan diri dengan remaja yang seusia.
  2. Mendorong keberhasilan di bidang akademis dan melatih kepekaan emosional serta kemampuan bergaul. Mereka yang memiliki teman yang banyak adalah mereka yang dapat menyesuaikan diri dengan lebih baik. Selain itu yang lebih penting, pertemanan juga mengantar remaja memasuki usia dewasa dengan lebih siap.
  3. Perempuan lebih mencari kedekatan, dukungan emosional, dan empati dari teman dibandingkan dengan laki-laki.
  4. Perempuan juga lebih mudah membuka diri, menyatakan keadaan dirinya dibandingkan dengan laki-laki.
  5. Apabila seorang laki-laki diterima di lingkungan yang lebih banyak perempuan, laki-laki itu adalah seseorang yang senang kebersamaan.
  6. Sebaliknya, seorang perempuan yang diterima di lingkungan yang lebih banyak prianya adalah seseorang yang lebih memperhatikan status, intelektualisme, pendidikan, dan daya tarik fisik.
  7. Perempuan dan laki-laki sama-sama berharap ada solidaritas dalam pertemanan. Artinya, mereka berharap teman adalah orang yang dapat menghabiskan waktu bersama-sama, mengerjakan aktivitas yang sama, dan memiliki kesamaan-kesamaan lainnya.

Baca Juga...

There is no other posts in this category.