Jenis-Jenis Perangkat Lunak Komputer Lengkap dengan Contoh dan Fungsinya


Perangkat lunak atau biasa disebut dengan software adalah sebuah data pada sebuah sistem komputer yang disimpan secara digital, termasuk program komputer dari berbagai informasi yang dapat dibaca dan ditulis oleh komputer.

Hal ini menjadikan bahwa bagian sistem komputer pada perangkat lunak tidak memiliki wujud secara fisik.

Berikut adalah jenis-jenis perangkat lunak komputer lengkap dengan contoh dan fungsinya

A. Sistem Operasi
Sistem Operasi adalah perangkat lunak sistem yang mengelola perangkat keras komputer , sumber daya perangkat lunak , dan menyediakan layanan umum untuk program komputer.

Beberapa contoh Sistem Operasi yang terkenal dan banyak digunakan saat ini, diantaranya:
  1. Windows, yaitu sebuah Sistem Operasi yang sangat terkenal dan paling banyak digunakan terutama bagi pengguna di Indonesia. Banyak perusahaan, institusi, organisasi, maupun pribadi yang memilih windows dengan alasan karena terbiasa dan lebih mudah digunakan.
  2. Linux, yaitu sebuah sistem operasi yang bersifat open source atau gratis. Dalam hal ini, pengembangan linux dapat dilakukan secara bebas dan dapat didistribusikan tanpa memerlukan lisensi apapun.
  3. MacOS, yaitu sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple Inc dimana pada sistem operasi ini memiliki antarmuka secara grafis yang sangat baik dan cepat. Biasanya sistem operasi ini sudah tertanam pada produk laptop atau notebook perusahaan Apple yaitu macBook.

B. Aplikasi Penjelajah Internet (Web Browser)
Aplikasi penjelajah internet atau biasa disebut web browser adalah software atau aplikasi yang berfungsi untuk mengakses internet.

Berikut beberapa contoh aplikasi penjelajah internet yang bisa digunakan,diantaranya:
  1. Google Chrome, yaitu peramban situs web yang dikembangkan oleh Google. Peramban ini bisa digunakan di semua sistem operasi seperti windows, linux, macOs, dan  Chrome OS.
  2. Mozilla Firefox, atau Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah peramban situs web dengan platform bebas yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla. Peramban ini juga sering menjadi rekomendasi yang positif bagi pengguna selain peramban Google Chrome.
  3. Internet Explorer, yaitu peramban situs web dan sebuah perangkat lunak yang tertanam pada sistem operasi Windows. Pengguna bisa memanfaatkan peramban untuk mengakses situs-situs website tanpa harus melakukan instalasi peramban lainnya.
  4. Microsoft Edge, yaitu peramban situs web yang dikembangkan oleh Microsoft dan sama dengan peramban Windows Internet Explorer dimana Microsoft Edge juga termasuk dalam sistem operasi Windows. Namun pengguna juga bisa menggunakan peramban Microsoft Edge ini pada piranti smartphone.
  5. Safari, yaitu browser web grafis open source sebagian berbasis WebKit yang dikembangkan oleh Apple.

C. Aplikasi Persuratan (Email)
Aplikasi Persuratan atau biasa disebut Email adalah alpikasi yang berguna untuk mengirim pesan elektronik (email).

Beberapa contoh aplikasi persuratan atau penyedia Email yang sedang populer saat ini, diantaranya:
  1. Gmail, yaitu layanan email gratis yang disediakan oleh Google yang bisa diakses melalui Gmail di browser web atau aplikasi seluler resmi. Gmail juga mendukung bagi penggunanya untuk mengakses email melalui protokol POP dan IMAP. Gmail dapat menjadi rekomendasi bagi pengguna karena memiliki layanan dan fitur yang baik dan sangat mudah untuk digunakan.
  2. Yahoo! Mail, yaitu sebuah penyedia surat elektronik (webmail) yang sering digunakan oleh jutaan penggunanya selain Gmail.
  3. Outlook.com, yaitu aplikasi web pengelola informasi pribadi dari Microsoft yang terdiri dari layanan webmail, kalender, kontak, dan tugas. Didirikan pada tahun 1996 oleh Sabeer Bhatia dan Jack Smith sebagai Hotmail , diakuisisi oleh Microsoft pada tahun 1997 dan diluncurkan kembali sebagai MSN Hotmail , kemudian diganti namanya menjadi Windows Live Hotmail sebagai bagian dari rangkaian produk Windows Live .

D. Aplikasi Pembaca Multimedia
Aplikasi Pembaca Multimedia atau biasa disebut sofware media player ini berfungsi untuk memutar berkas media seperti audio atau video, beberapa aplikasi media player yang populer saat ini, diantaranya:
  1. Windows Media Player (WMP) adalah aplikasi pemutar media dan perpustakaan media yang dikembangkan oleh Microsoft yang digunakan untuk memutar audio , video dan melihat gambar pada komputer pribadi yang menjalankan sistem operasi Microsoft Windows , serta pada perangkat berbasis Pocket PC dan Windows Mobile.
  2. Winamp adalah pemutar media untuk Microsoft Windows yang biasa digunakan oleh banyak pengguna untuk memutar media atau file dengan format audio, meskipun winamp juga mampu memutar berkas yang memiliki format video seperti MP4.
  3. VLC Media Player merupakan perangkat lunak (software) pemutar berbagai berkas (file) multimedia, baik video maupun audio dalam berbagai format, seperti MPEG, DivX, Ogg, dan lain-lain. VLC Media Player juga dapat memutar DVD, VCD, maupun CD pada komputer.

E. Aplikasi Pengolah Multimedia
Aplikasi pengolah multimedia atau biasa disebut aplikasi editing audio, video dan gambar.

Beberapa contoh aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan editing pada media seperti gambar, suara, atau video, diantaranya:
  1. GIMP (GNU Image Manipulation Program) adalah aplikasi open source atau gratis untuk mengolah grafis Bitmap. GIMP dapat digunakan dalam pembuatan grafik dan logo, mengubah resolusi dari sebuah gambar dan mengedit foto dengan beberapa filter seperti mengubah warna, menggabungkan berbagai macam gambar atau mengkonversi berbagai macam jenis berkas gambar.
  2. Audacity, yaitu perangkat lunak aplikasi perekaman dan editor audio atau suara digital secara gratis. Aplikasi ini tersedia untuk Windows, macOS, Linux , dan sistem operasi mirip Unix lainnya. Selain merekam audio dari berbagai sumber, Audacity juga dapat digunakan untuk pasca-pemrosesan semua jenis audio dengan menambahkan efek seperti normalisasi, trimming, dan fading in dan out.
  3. Cyberlink PowerDirector, berfungsi untuk melakukan editing pada video. Video dapat diubah secara manual namun kita juga dapat mengeditnya menggunakan fitur Express Projects yang memungkinkan kita agar dapat mengedit secara cepat. Cyberlink PowerDirector bahkan mampu memenuhi kebutuhan secara profesional dimana memiliki fitur seperti 360 video editing, motion tracking hingga color adjustment. Software video editing ini hanya membutuhkan minimal RAM 2GB untuk dapat menggunakannya, sangat cocok untuk digunakan bagi pemula.

F. Aplikasi Penyimpanan Online
Aplikasi penyimpanan online adalah aplikasi yang berfungsi sebagai media penyimpanan data yang disimpan secara online.

Beberapa contoh aplikasi penyimpanan online yang populer saat ini, antara lain:
  1. Google Drive, yaitu sebuah layanan penyimpanan data yang dikembangkan oleh Google dan diluncurkan pada tanggal 24 April 2012. Google Drive memiliki layanan-layanan bisa kita gunakan seperti menyimpan berbagai jenis file dokumen seperti video, audio, dokumen dan lain-lain.
  2. Microsoft One Drive, yaitu layanan komputasi awan (cloud) serupa dengan Dropbox dan Google Drive yang memungkinkan penggunanya mengunggah dan mensinkronkan berkas ke suatu penyimpanan awan dan kemudian mengaksesnya melalui peramban Web atau perangkat tertentu. Layanan ini dibuat oleh Microsoft dan merupakan bagian dari layanan daring Windows Live dan memungkinkan pengguna menyimpan berkas-berkasnya secara pribadi, membagikannya dengan orang-orang dalam kontak, atau menjadikan berkas-berkas bersifat umum. OneDrive juga memberikan layanan dimana Anda dapat mengolah data secara online melalui web menggunakan aplikasi Word, Excel, dan PowerPoint tanpa harus menginstalnya di komputer.

Baca Juga...

There is no other posts in this category.