Jenis-Jenis Perangkat Keras Komputer Lengkap dengan Contoh dan Fungsinya


Secara umum perangkat keras komputer terdiri dari 4 jenis, yaitu perangkat input, perangkat output, perangkat proses dan perangkat penyimpanan.

Berikut adalah jenis-jenis perangkat keras komputer lengkap dengan contoh dan fungsinya.

A. KOMPONEN PERANGKAT INPUT
Perangkat input komputer (perangkat masukan) adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan beberapa data dan memberikan beberapa perintah pada komputer untuk diproses lebih lanjut.

Contoh atau macam-macam Perangkat input komputer, antara lain:
  1. Keyboard atau papan ketik, yaitu salah satu perangkat masukan/input pengolahan data yang terhubung dengan komputer yang berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus dan sebagai media bagi pengguna untuk melakukan perintah khusus lainnya seperti shortcut untuk menyimpan, membuka, menghapus, memindahkan, meng-copy, dll.
  2. Mouse, berfungsi untuk perpindahan pointer atau kursor yang memiliki fitur 2 buah klik yaitu kiri dan kanan, serta sebuah scroll guna untuk melihat tampilan yang masih tertutup oleh tampilan layar dengan cara scroll atas dan scroll bawah.
  3. Touchpad, yaitu perangkat yang memiliki fungsi sama dengan mouse yaitu untuk melakukan perpindahan pointer atau kursor. Namun yang membedakan adalah perangkat ini biasa tertanam pada laptop.
  4. Scanner, yaitu alat yang berfungsi untuk menduplikasi atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer, kemudian berikutnya akan disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk.

B. KOMPONEN PERANGKAT OUTPUT
Perangkat output atau perangkat keluaran adalah perangkat keras yang digunakan untuk mengkomunikasikan dan menyajikan hasil dari pengolahan data oleh sebuah sistem komputer dan diterima oleh pengguna.

Macam-macam atau contoh Perangkat output, antara lain:
  1. Monitor, yaitu perangkat output yang digunakan untuk mengirimkan hasil gambar atau display pada sebuah layar dan dilihat oleh pengguna.
  2. Printer, yaitu perangkat yang digunakan untuk menampilkan data berupa teks, gambar atau grafik dalam bentuk cetakan lembar pada kertas.
  3. Proyektor atau projector, yaitu alat yang biasa digunakan untuk presentasi, perangkat ini dihubungkan dari komputer menggunakan kabel VGA atau HDMI untuk menampilkan apa yang ada pada monitor ke suatu screen (layar) ataupun dinding.
  4. Speaker, yaitu perangkat keras sebagai alat bantu untuk menghasilkan suara.

C. KOMPONEN PERANGKAT PROSES
Perangkat proses adalah sebuah perintah yang dikerjakan oleh komputer dimana operasi data, aritmatik dan logika dari kumpulan data berjalan. Pemrosesan data dalam sebuah perangkat komputer dikerjakan oleh CPU (Central Processing Unit / Unit Pengolahan Pusat).

Contoh komponen perangkat proses, diantaranya:
  1. Central Processing Unit (CPU), yaitu layaknya otak dari sebuah komputer yang berfungsi memberikan instruksi pada sistem komputer dengan mengikuti instruksi dari sebuah program.
  2. Random Access Memory (RAM) adalah tempat di dalam komputer dimana sistem operasi, program aplikasi dan data yang sedang berjalan dan digunakan akan disimpan guna membantu kerja prosesor untuk dapat mengakses dengan lebih cepat.
  3. Video Graphics Array (VGA) yang berfungsi untuk menerjemahkan output display komputer ke monitor.
  4. Motherboard adalah saraf pusat dalam sistem komputer yang terhubung dalam komputer dikontrol dan dikendalikan oleh motherboard untuk berkomunikasi dengan perangkat atau peranti lainnya dalam sebuah sistem komputer.

D. KOMPONEN PERANGKAT MEDIA PENYIMPANAN
Komponen perangkat media penyimpanan adalah alat yang berfungsi untuk menyimpan aplikasi, berkas, data, dll.

Contoh komponen perangkat media penyimpanan, diantaranya:
  1. Hard Drive adalah perangkat penyimpanan yang biasa digunakan untuk menyimpan data pada sebuah komputer.
  2. Optical Drive atau perangkat cakram optis adalah sebuah penggerak cakram yang menggunakan sinar laser atau gelombang elektromagnetik untuk membaca dari CD atau menulis data ke dalam CD.
  3. USB Flash Memory adalah alat penyimpanan data memori kilat tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash Drive ini biasa disebut Flashdisk berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah.