Soal dan Jawaban materi Zaman Praaksara – Sejarah Indonesia kelas 10 SMA/SMK


Berikut adalah soal mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas X SMA/SMK materi Zaman Praaksara lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Tuliskan pengertian zaman Praaksara
  2. Jelaskan bagaimana melakukan kajian atau penelitian tentang kehidupan zaman praaksara
  3. Mengapa mempelajari tentang sejarah kehidupan zaman praaksara sangat penting?
  4. Jelaskan sejak kapan zaman praaksara berakhir?

Kunci Jawaban:

1. Praaksara berasal dari dua kata, yaitu pra yang berarti sebelum dan aksara yang berarti tulisan.

Jadi, zaman praaksara adalah masa kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan.

2. Untuk melakukan kajian atau penelitian tentang kehidupan zaman praaksara para sejarawan harus menggunakan metode penelitian ilmu arkeologi dan juga ilmu alam seperti geologi dan biologi. 

Ilmu arkeologi adalah bidang ilmu yang mengkaji bukti-bukti atau jejak tinggalan fisik, seperti lempeng artefak, monumen, candi dan sebagainya. Berikutnya menggunakan ilmu geologi dan percabangannya, terutama yang berkenaan dengan pengkajian usia lapisan bumi, dan biologi berkenaan dengan kajian tentang ragam hayati (biodiversitas) makhluk hidup.

3. Mempelajari tentang sejarah kehidupan zaman praaksara sangat penting, agar kita memiliki kesadaran akan asal usul manusia.

Kita bisa belajar banyak dari keberhasilan dan capaian prestasi terbaik dari pendahulu kita. Sebaliknya kita juga belajar dari kegagalan mereka yang telah menimbulkan malapetaka bagi dirinya atau bagi banyak orang. Bahwa nilai terpenting dalam pembelajaran sejarah tentang zaman praaksara, dan sesudahnya ada dua yaitu sebagai inspirasi untuk pengembangan nalar kehidupan dan sebagai peringatan. Selebihnya kecerdasan dan pikiran-pikiran kritislah yang akan menerangi kehidupan masa kini dan masa depan.

4. Zaman praaksara berakhir setelah kehidupan manusia mulai mengenal tulisan. Terkait dengan masa berakhirnya zaman praaksara masing-masing tempat akan berbeda.

Misalnya penduduk di kepulauan Indonesia baru memasuki masa aksara sekitar abad ke-5 M. Hal ini jauh lebih terlambat bila dibandingkan di tempat lain misalnya Mesir dan Mesopotamia yang sudah mengenal tulisan sejak sekitar tahun 3000 SM. Fakta-fakta masa aksara di Kepulauan Indonesia dihubungkan dengan temuan prasasti peninggalan kerajaan tua seperti Kerajaan Kutai di Muara Kaman, Kalimantan Timur.