Soal dan Jawaban materi Menyembah Allah Swt. sebagai Ungkapan Rasa Syukur - PAI & Budi Pekerti Kelas 12 SMA/SMK


Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII SMA/SMK materi Menyembah Allah Swt. sebagai Ungkapan Rasa Syukur lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Tuliskan ayat Al-Quran tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah Swt. lengkap dengan kandungannya
  2. Tuliskan hadis tentang berbakti kepada orang tua
  3. Jelaskan kaitan antara beribadah dan bersyukur kepada Allah Swt. Dalam Q.S. Luqman/31: 13-14
  4. Tuliskan hikmah dan manfaat beribadah dan bersyukur kepada Allah Swt.
  5. Tuliskan contoh perilaku sikap beribadah dan bersyukur kepada Allah Swt.

Kunci Jawaban:

1. Ayat Al-Quran tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah Swt. lengkap dengan kandungannya, yaitu:

Q.S. Luqman/31:13-14
Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah Swt., sesungguhnya mempersekutukan (Allah Swt.) adalah benar-benar kezaliman yang besar. Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada kedua orang tuanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orangtuamu, hanya kepada-Ku lah kembalimu

Kandungan Q.S. Luqman/31:13-14, yaitu mengajak kita untuk menghindari syirik/mempersekutukan Allah Swt.. sekaligus mengandung pengajaran tentang wujud dan keesaan Allah Swt.

Adapun pesan nasihat yang bisa dipetik dari Q.S. Luqman/31:13-14 adalah jangan mempersekutukan Allah Swt.

2. Hadis tentang berbakti kepada orang tua, yaitu:
“Dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu dia berkata; “Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sambil berkata; “Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling berhak aku berbakti kepadanya?” beliau menjawab: “Ibumu.” Dia bertanya lagi; “Kemudian siapa?” beliau menjawab: “Ibumu.” Dia bertanya lagi; “kemudian siapa lagi?” beliau menjawab: “Ibumu.” Dia bertanya lagi; “Kemudian siapa?” dia menjawab: “Kemudian ayahmu.” (HR. Bukhari, Hadist no: 5514 ).

Adapun kandungan hadis tersebut, yaitu kita harus memuliakan seorang ibu. Bahwa surga itu di bawah telapak kaki ibu. Betapa pentingnya berterima kasih kepada kedua orang tua, terutama ibu, termasuk kepada orang tua.

3. Kaitan antara beribadah dan bersyukur kepada Allah Swt. dalam Q.S. Luqman/31: 13-14, yaitu mendekatkan diri kepada Allah Swt. dengan melakukan segala yang diperintahkan dan meninggalkan segala yang dilarang-Nya, serta mensyukuri atas segala limpahan nikmat-Nya kepada kita.

4. Hikmah dan manfaat beribadah dan bersyukur kepada Allah Swt., yaitu:
  • Mendapatkan keberkahan dari setiap rizki yang kita terima
  • Menemukan ketenangan batin dan kedamaian hati dalam menjalani semua aktivitas sehari-hari karena kerelaannya dalam menyikapi pemberian Allah Swt.
  • Terhindar dari siksa api neraka, karena telah menjadi hamba yang tahu diri dengan selalu bersyukur atas karunia Allah Swt.
5. Contoh perilaku sikap beribadah dan bersyukur kepada Allah Swt.,
  • Bersikap qana’ah, yaitu menerima semua jenis kenikmatan yang dianugerahkan Allah Swt., baik yang dianggap kecil maupun besar, dengan ikhlas dan penuh kerelaan.
  • Berusaha mengesakan Allah Swt. dan tidak menyekutukanNya dengan suatu apapun.
  • Mentaati Allah Swt. dalam segala keadaan dan menjauhi larangan- Nya sebagai bentuk syukur kepada Allah Swt.
  • Berbakti kepada kedua orang tua sebagai bentuk terimakasih kepada mereka atas semua perjuangan dan pengorbanannya dari sejak dalam kandungan hingga saat ini.
  • Memperbanyak amal salih / perbuatan yang bermanfaat bagi sesama sebagai bentuk nyata dari ungkapan rasa syukur kepada Allah swt.