Pengertian, Jenis dan Contoh Logika Inferensi

Untuk memudahkan anda mempelajari pengertian inferensi, jenis inferensi dan contoh logika inferensi, simak kejadian yang ditulis pada kalimat berikut:

Seorang gadis terjatuh ketika berlarian di tengah lapangan karena tersandung batu. Terlihat muka gadis tersebut memerah dan kepalanya menunduk. Seorang ibu menghampiri dan segera memeluk gadis tersebut sembari mengatakan tidak apa - apa ayo ke tepi lapangan dan beristirahatlah.

Kalimat diatas dapat disimpulkan bahwa “muka memerah dan kepalanya menunduk” memiliki arti “malu”.

Dari tulisan diatas, dapat disimpulkan bahwa Inferensi adalah tindakan/proses untuk mendapatkan kesimpulan berdasarkan apa yang sudah diketahui/diasumsikan.

Untuk lebih jelasnya tentang logika Inferensi ini, berikut diuraikan pengertian Inferensi, jenis Inferensi dan contoh logika inferensi.

A. Pengertian Inferensi

Pengertian inferensi menurut beberapa ahli, antara lain:
  1. Collins Dictionary, Inferensi adalah kesimpulan yang kita tarik tentang sesuatu dengan menggunakan informasi yang sudah kita miliki tentang itu.
  2. Literary Terms, Inferensi adalah proses menarik kesimpulan dari bukti pendukung yang ada. Kita dapat membuat kesimpulan ketika membaca literatur. Petunjuk diberikan oleh penulis tentang apa yang terjadi, dan kita harus mencari tahu berdasarkan bukti itu. Penulis menyiratkan dan para pembaca menyimpulkan.
  3. Philosophy Terms, Inferensi adalah proses menarik kesimpulan berdasarkan bukti yang ada. Berdasarkan beberapa bukti atau “premis”, kita memebuat sebuah kesimpulan.
  4. Menurut Your Dictionary, Istilah “inferensi” mengacu pada proses observasi atau pengamatan dan pengetahuan untuk menentukan kesimpulan yang masuk akal.

B. Jenis Inferensi
Jenis inferensi dilihat berdasarkan jumlah premisnya diklasifikasikan menjadi dua, yakni:
  • Inferensi langsung (immediate inference), yaitu proses membuat kesimpulan dari sebuah premis.
  • Inferensi mediasi (mediate inference), yaitu proses membuat kesimpulan/konklusi dari dua atau lebih premis yang saling terkait secara logis.

C. Contoh Logika Inferensi

Berikut 5 contoh logika inferensi, yaitu:
  • Uliwati pulang ke rumah pukul 14 sore, terlihat pintu rumah masih terkunci karena ayahnya pulang kerja pukul 15. Uliwati juga melihat tidak ada alas kaki di teras rumahnya sehingga menyimpulkan bahwa ayahnya belum pulang.
  • Fierotina melihat asap mengepul dari ruang dapur dan mencium bau gosong. Fierotina menyimpulkan bahwa ada yang terbakar di ruang dapur.
  • Gunawan melihat banyak semut mengerumuni remahan roti di bawah meja. Gunawan menyimpulkan bahwa anaknya lupa membersihkan sisa makanan
  • Susanto bekerja sebagai guru dan setiap pulang kerja merenovasi rumahnya tanpa bantuan tukang bangunan. Dapat disimpulkan bahwa selain sebagai guru, Susanto memiliki keahlian sebagai tukang bangunan
  • Ketika group whatsapp berbunyi dan ada notifikasi dari teman kerjanya, Mirnawati tersenyum. Dapat disimpulkan bahwa Mirnawati senang membaca kabar dari temannya
  • Antonius memakan buah mangga yang baru dibeli ibunya, ia terlihat mengerutkan wajahnya. Dapat disimpulkan bahwa Antonius memakan buah yang belum masak

Komentar