Pendarahan di Usia Kehamilan 2 Bulan, Apakah Saya Keguguran?


Halo bun,

Saat ini usia kandungan saya 2 bulan. Tadi pagi saya mengerjakan pekerjaan rumah. Tidak lama kemudian, vagina saya mengeluarkan darah berwarna kecoklatan, tetapi jumlahnya sedikit sih bun. Tidak lama kemudian darah nya agak banyak keluar lagi bund. Yang mau saya tanyakan, apakah itu pertanda kalau saya mengalami keguguruan? Saya sangat khawatir bund terjadi apa-apa sama kandungan saya. MM - Surabaya

Jawaban:

Terima kasih bun, telah mengirimkan pertanyaannya.

Perlu saya tegaskan, pendarahan yang dialami oleh ibu hamil belum tentu pertanda keguguran.

Teman saya pernah mengalami pendarahan yang mengakibatkan keguguran. Teman saya ini awalnya flek. Dia mengira itu biasa darah implantasi HR ke 3 seperti haid. Paginya keram perut, siangnya teman saya itu keguguran.

Pendarahan yang keluar selama hamil, itu bisa jadi karena bunda terlalu capek, kurang istirahat, janin lemah atau faktor masalah kesehatan lainnya.

Saran saya, bunda segera ke dokter untuk periksa dan diberi obat penguat janin. Untuk sementara, bunda jangan dulu mengerjakan pekerjaan rumah yang berat-berat seperti angkat beban berat.

Kita berdoa, mudah-mudahan tidak terjadi sesuatu yang membahayakan janin dan bunda. Kiranya janin bunda sehat selalu sampai lahiran. Amin.