Soal dan Jawaban materi Perencanaan Usaha Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Nonbenda – PKWU Kelas 10 SMA/SMK

Berikut adalah soal mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Kelas X SMA/SMK materi Perencanaan Usaha Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Nonbenda lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Apa yang dimaksud dengan budaya non benda dan artefak atau objek budaya dan berikan contohnya
  2. Jelaskan kaitan produk budaya tradisional nonbenda dengan artefak atau objek budaya
  3. Sebutkan dan jelaskan contoh tarian yang membawakan cerita tradisional dengan menggunakan pakaian tradisional dan ditarikan pada sebuah upacara yang merupakan ritual tradisional.
  4. Jelaskan perbedaan budaya non benda dan artefak/objek budaya
  5. Jelaskan budaya tradisi nonbenda maupun artefak/objek budaya dapat menjadi sumber inspirasi untuk dikembangkan menjadi produk kerajinan.
  6. Sebutkan dan jelaskan sumber daya yang dikelola dalam sebuah wirausaha
  7. Sebutkan 3 ragam material dan teknik produksi yang dapat digunakan untuk setiap material tersebut
  8. Sebutkan ragam material dan teknik produksi yang dapat digunakan untuk pembuatan kerajinan dengan inspirasi budaya dan tuliskan sebanyak-banyak tentang ragam bahan baku/material dan teknik produksi yang ada di lingkungan sekitarmu.
  9. Tuliskan jenis-jenis budaya nonbenda tersebut, nama atau judul disertai penjelasan singkat
  10. Identifikasi ragam material dan teknik produksi di lingkungan sekitar

Kunci Jawaban

1. Budaya non benda adalah hasil kebudayaan yang sifatnya abstrak, tidak dalam wujud benda.

Contoh budaya non benda, yaitu:
  • Pantun
  • Cerita rakyat
  • Tarian
  • Upacara adat
Artefak atau objek budaya adalah kebalikan dari budaya non-benda, di mana hasil kebudayaan ini mempunyai wujud nyata, kongkret dan berupa benda.

Contoh Artefak atau objek budaya, yaitu:
  • Pakaian daerah
  • Wadah tradisional
  • Senjata adat
  • Rumah adat
2. Kaitan produk budaya tradisional nonbenda dengan artefak atau objek budaya, yaitu bahwa produk budaya tradisional nonbenda maupun artefak tidak dipisah-pisahkan melainkan menjadi satu kesatuan dan saling melengkapi.

3. Contoh tarian yang membawakan cerita tradisional dengan menggunakan pakaian tradisional dan ditarikan pada sebuah upacara yang merupakan ritual tradisional adalah tarian Burung Enggang dari suku Dayak, yang menceritakan tentang seekor burung enggang. Burung enggang bagi masyarakat Dayak merupakan simbol dewata serta merupakan wujud nenek moyang yang turun ke bumi. Penari Burung Enggang menggunakan pakaian tradisional Dayak, dan diiringi musik tradisional yang dimainkan dengan alat musik tradisional.

4. Perbedaan budaya non benda dan artefak/objek budaya terletak pada wujudnya. Budaya non benda merupakan hasil karya yang tak berwujud atau abstrak, misalnya tarian, simbol dan musik. Sedangkan artefak/objek budaya adalah hasil kebudayaan yang sifatnya konkret atau nyata, misalnya pakaian, perlengkapan tari dan alat musik.

5. Budaya tradisi nonbenda maupun artefak/objek budaya dapat menjadi sumber inspirasi untuk dikembangkan menjadi produk kerajinan, karena tercatat 4.156 warisan budaya nonbenda yang terdapat di seluruh Indonesia. Setiap daerah dapat mengembangkan kerajinan khas daerah yang mengambil inspirasi dari budaya tradisi daerahnya masing- masing. Kekayaan budaya tradisi Indonesia adalah kearifan lokal (local genius) yang dapat menjadi sumber inspirasi yang tidak ada habisnya.

6. Sumber daya yang dikelola dalam sebuah wirausaha yaitu dikenal dengan sebutan 6 M, yakni:
  • Man (manusia) = Keterampilan produksi
  • Money (uang) = Kemampuan mengatur keuangan
  • Material (bahan) = Potensi bahan baku
  • Machine (peralatan) = Keterampilan dan alat produksi
  • Method (cara kerja) = Teknik dalam memproduksi
  • Market (pasar) = Pasar sasaran
7. Contoh ragam material dan teknik produksi yang dapat digunakan untuk setiap material tersebut, yaitu:
  • Kain bekas, dapat dijadikan menjadi taplak meja dibuat dengan teknik kuilting, yaitu menyatukan potongan kain dengan pola tertentu.
  • Cangkang kerang, dapat dijadikan menjadi tirai kerang yang dibuat dengan teknik disusun satu dengan yang lain menggunakan utas benang rajut yang telah di ukur panjangnya.
  • Sisik ikan, dapat dijadikan menjadi anting-anting yang dibuat dengan teknik merangkai sisik dan merekatkan sisik menjadi cincin berbentuk kotak, love, lingkaran, bulan sabit dan lain sebagainya.
8. Contoh ragam material dan teknik produksi yang dapat digunakan untuk pembuatan kerajinan dengan inspirasi budaya, yaitu:
  • Miniatur dari bahan styrofoam, stik es krim, kardus, korek api, atau triplek. Digunakan untuk pembuatan berbagai miniatur rumah adat Indonesia, seperti miniatur rumah honay, rumah gadang, rumah joglo, rumah kasepuhan, rumah baloy, dan lain-lain
  • Benda hiasan dari bahan serat, batu, tanah liat, bambu, rotan, kayu, kulit, batu, logam, atau kerang-kerangan. Digunakan untuk pembuatan patung-patung yang diukir berdasarkan dewa-dewa yang dipercayai dalam kebudayaan lokal.
  • Produk kerajinan kriya dari bahan kain katun, kain satin, benang katun, keramik, gerabah, genting. Digunakan untuk pembuatan kain batik, selendang dari kain ulos, kebaya modern, mebel yang diukir dengan seni ukir lokal, terompah kayu hiasan etnik, anyaman tas, keramik dengan hiasan etnik, juga berbagai macam produk kerajinan kriya lainnya.
Contoh ragam bahan baku/material dan teknik produksi yang ada di lingkungan sekitar saya, yaitu:
  • Rotan, Kerajinan yang terbuat dari bahan rotan banyak menggunakan teknik anyam
  • Serabut pohon aren (Ijuk),  Kerajinan yang terbuat dari bahan Serabut pohon aren (Ijuk) banyak menggunakan teknik menyulam
  • Bambu, Kerajinan yang terbuat dari bahan bambu banyak menggunakan teknik anyaman dan potong sambung.
  • Kulit kayu, Kerajinan yang terbuat dari bahan Kulit kayu banyak menggunakan teknik ukir, teknik bubut, teknik potong sambung dan teknik bor.
  • Serat kapas, Kerajinan yang terbuat dari bahan Serat kapas banyak menggunakan teknik  menenun.
  • Tanah liat, Kerajinan yang terbuat dari bahan Serat kapas banyak menggunakan teknik lempeng (slabing) dan teknik pijat (pinching).
9. Jenis-jenis budaya nonbenda lengkap dengan nama atau judul disertai penjelasan singkat:
  • Tarian, merupakan gerak tubuh dengan konsep ritmis yang menjadi ungkapan atau ekspresi jiwa pencipta gerak tersebut. Biasanya, tarian berasal dari daerah tertentu yang dilestarikan secara turun-temurun.
  • Puisi, sajak, dan pantun adalah salah satu budaya non benda yang dikemas dalam bentuk karya sastra yang disampaikan secara lisan maupun tulisan. Biasanya, puisi, sajak, maupun pantun memiliki makna yang mendalam.
  • Tradisi atau adat istiadat adalah kebiasaan yang sudah ada sejak lama dan diwariskan secara turun-temurun. Contoh tradisi adalah karapan sapi di wilayah Madura.
10. Berikut adalah identifikasi ragam material dan teknik produksi di lingkungan sekitar saya lengkap dengan contoh bentuk (berupa foto, gambar atau sketsa:

a. Botol plastik = teknik membentuk, lipat, gulung

b. Bambu = teknik ukir, anyam, pemotongan, pelubangan, perakitan

c. Tanah liat = teknik cetak tangan, cor, pijat, pilin, putar

d. Pelepah pisang = teknik pilin, anyam, pewarnaan

e. Bubur kertas = teknik cetak

f. Bungkus kopi = teknik anyam

g. Kayu = teknik potong sambung, ukir, bor, bubut, ampelas

h. Rotan = teknik anyam, pewarnaan, bubut

i. Batu = teknik pahat, ukir, cor, etsa, ukir tekan, patri

j. Daun pandan = teknik anyam

k. Batok kelapa = teknik potong, ampelas