RPP Menyayangi Binatang dalam Syariat Penyembelihan (PAI Kelas 9 SMP/MTs)

Berikut adalah RPP BAB 10 Menyayangi Binatang dalam Syariat Penyembelihan. Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas IX SMP/MTs.

A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni budaya terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI-4 : Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

B. Kompetensi Dasar
1.10 : Menjalankan ketentuan syariat Islam dalam penyembelihan hewan.
2.10 : Menunjukkan perilaku peduli terhadap lingkungan sebagai implementasi dari pemahaman ajaran penyembelihan hewan.
3.10 : Memahami ketentuan penyembelihan hewan dalam Islam.
4.10 : Memperagakan tata cara penyembelihan hewan.

C. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
  1. Mendeskripsikan pengertian penyembelihan hewan dengan benar.
  2. Menunjukkan dalil naqli terkait dengan penyembelihan hewan dengan benar.
  3. Menjelaskan syarat-syarat penyembelihan hewan dengan benar.
  4. Menjelaskan tata cara penyembelihan hewan dengan benar.
  5. Menjelaskan cara penyembelihan hewan secara tradisional dengan benar
  6. Menjelaskan cara penyembelihan hewan secara mekanik dengan benar.
D. Proses Pembelajaran
1. Persiapan
a. Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu dapat berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca, atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
b. Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama, dilanjutkan dengan memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan metode yang akan digunakan.
c. Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang materi sesuai dengan pokok bahasan.
d. Menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Pelaksanaan
a. Untuk menguasai kompetensi ini, guru menerapkan pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan) sesuai karakteristik materi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penerapan pendekatan saintifik ini, guru dapat mengintegrasikan dan memilih berbagai model/strategi/ metode pembelajaran yang tepat dan sesuai, sehingga mampu menciptakan suasana pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenagkan, baik secara individual maupun kelompok. Guru disarankan secara fleksibel menerapkan model discovery learning, active learning, cooperative learning, kontekstual, problem based learning, dan project based learning sesuai tujuan pembelajaran.

b. Proses pembelajarannya sebagai berikut.
  1. Guru meminta peserta didik untuk mengkaji di kolom “Renungkanlah”.
  2. Peserta didik mengemukakan pendapatnya tentang hasil kajiannya.
  3. Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap hasil kajian peserta didik.
  4. Peserta didik membaca percakapan dan mencermati gambar yang ada pada kolom “Dialog Islami”.
  5. Peserta didik mengemukaan isi dari percakapan dan hasil pencermatan pada gambar tersebut.
  6. Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik.
  7. Peserta didik melaksanakan kegiatan yang ada di kolom “Aktivitas siswa 1“ mencermati dan mengamati gambar yang ada pada kolom ketentuan tata cara penyambelihan hewan serta mendiskusikannya.
  8. Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan, pencermatan dan diskusinya serta memberikan komentarnya.
  9. Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang hasil pengamatan, pencermatan, dan hasil diskusinya tersebut.
  10. Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok dan diberikan tugas untuk berdiskusi tentang ketentuan tata cara penyembelihan hewan.
  11. Secara bergantian masing-masing kelompok mempresentasikan hasilnya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan.
  12. Peserta didik melaksanakan kegiatan yang ada di kolom “Aktivitas Siswa 2” membaca dan mencermati materi tentang ketentuan dan tata cara penyembelihan hewan, membuat atau menyiapkan benda tiruan binatang yang akan disembelih lengkap dengan bagian- bagiannya, terutama bagian-bagian leher binatang. dilanjutkan dengan mendemonstrasikan tata cara penyembelihan hewan di depan kelas.
  13. Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut.
  14. Guru meminta peserta didik untuk memberikan tanggapan terhadap pernyataan-pernyataan yang ada pada kolom ”Refleksi Akhlak Mulia”.
  15. Guru membimbing peserta didik untuk melaksanakan kegiatan yang ada di kolom “Aktivitas 3” membaca kisah teladan ”Kisah Abu Hurairah r.a” dan mendiskusikannya.
  16. Peserta didik mengemukakan pendapatnya tentang hikmah dari kisah tersebut.
  17. Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap kisah tersebut.
  18. Peserta didik menceritakan kembali secara langsung atau disajikan dengan bentuk sosiodrama dan menyampaikan hikmah dari kisah tersebut.
  19. Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap kisah tersebut.
  20. Guru dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut sesuai dengan yang terdapat dalam buku teks siswa pada kolom rangkuman.
  21. Pada kolom “Ayo Berlatih”, a) Meminta peserta didik untuk mengerjakan bagian pilihan ganda dan uraian. b) Meminta peserta didik untuk mengerjakan tugas yang ada pada poin c.
  22. Peserta didik mempelajari materi menyayangi binatang dengan penyembelihan yang benar dengan bimbingan dan arahan orang tua pada saat di rumah.
  23. Pada setiap akhir pembelajaran guru memberikan nasihat kepada peserta didik agar mengambil hikmah dari materi yang dipelajari dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.
E. Penilaian
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik: Penilaian Sikap, Penilaian Pengetahuan, Penilaian Keterampilan.

F. Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, bagi siswa yang sudah menguasai materi, peserta didik mengerjakan materi tambahan berupa contoh perilaku peduli terhadap lingkungan sebagai implementasi dari pemahaman ajaran penyembelihan hewan dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengerjakan soal yang terkait dengan contoh perilaku peduli terhadap lingkungan sebagai implementasi dari pemahaman ajaran penyembelihan hewan dalam kehidupan sehari-hari. (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).

G. Remedial
Bagi peserta didik yang belum menguasai materi, guru menjelaskan kembali materi tentang “Menyayangi Binatang dengan Penyembelihan yang Benar” dan melakukan penilaian kembali (lihat poin E) dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan, contohnya: boleh pada saat pembelajaran apabila masih ada waktu atau di luar jam pelajaran 30 menit setelah pulang sekolah.

Komentar