RPP Jujur dan Menepati Janji (PAI Kelas 9 SMP/MTs)

Berikut adalah RPP BAB 2 Jujur dan Menepati Janji. Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas 9 SMP/MTs.

A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu penge- tahuan,teknologi, seni budaya terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI -4 : Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

B. Kompetensi Dasar
1.5  Meyakini bahwa jujur dan menepati janji adalah ajaran pokok agama.
2.5 Menunjukkan perilaku jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari- hari.
3.5 Memahami penerapan jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari- hari.
4.5 Menyajikan penerapan perilaku jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari.

C. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
  1. Mendeskripsikan pengertian jujur dengan benar.
  2. Menyebutkan dalil naqli tentang jujur dengan benar.
  3. Menyajikan contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
  4. Berperilaku jujur di keluarga, di sekolah, dan di masyarakat
  5. Mendeskripsikan pengertian menepati janji dengan benar.
  6. Menyebutkan dalil naqli tentang menepati janji dengan benar.
  7. Menyajikan contoh perilaku menepati janji dalam kehidupan sehari-hari
  8. Berperilaku menepati janji di keluarga, di sekolah, dan di masyarakat dengan benar.
D. Proses Pembelajaran
1. Persiapan
a. Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu dapat berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca, atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
b. Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama, dilanjutkan dengan memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan metode yang akan digunakan.
c. Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang materi sesuai dengan pokok bahasan.
d. Menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Pelaksanaan
a. Untuk menguasai kompetensi ini, guru menerapkan pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan) sesuai karakteristik materi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penerapan pendekatan saintifik ini, guru dapat mengintegrasikan dan memilih berbagai model/strategi/ metode pembelajaran yang tepat dan sesuai, sehingga mampu menciptakan suasana pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenagkan, baik secara individual maupun kelompok. Guru disarankan secara fleksibel menerapkan model discovery learning, active learning, cooperative learning, kontekstual, problem based learning, dan project based learning sesuai tujuan pembelajaran.

b. Proses pembelajarannya sebagai berikut:
  1. Guru meminta peserta didik untuk mengkaji dan mencermati gambar di kolom ”Renungkanlah”.
  2. Peserta didik mengemukakan pendapatnya tentang hasil kajiannya dan pencermatannya.
  3. Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap hasil kajian dan pencermatannya peserta didik.
  4. Peserta didik membaca percakapan dan mencermati gambar yang ada pada kolom ” Dialog Islami”.
  5. Peserta didik mengemukaan isi dari percakapan dan hasil pencermatan pada gambar tersebut.
  6. Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang di- kemukakan peserta didik.
  7. Peserta didik melaksanakan kegiatan yang ada di kolom ”Aktivitas Siswa 1” mengamati dan mencermati gambar yang ada pada bagian pembahasan jujur dan memberikan komentar.
  8. Peserta didik mengemukaan hasil pencermatannya dan komentarnya.
  9. Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang di- kemukakan peserta didik tentang hasil pengamatan tersebut.
  10. Peserta didik melaksanakan kegiatan yang ada di kolom ”Aktivitas Siswa 2” membaca dan mencermati materi menepati janji dan mendiskusikannya.
  11. Peserta didik mengemukaan hasil dan komentarnya.
  12. Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang hasil pengamatan tersebut.
  13. Guru meminta peserta didik untuk memberikan tanggapan terhadap pernyataan-pernyataan yang ada pada kolom ”Refleksi Akhlak Mulia”.
  14. Guru membimbing peserta didik untuk melaksanakan kegiatan yang ada di kolom ”Aktivitas siswa 3”, membaca kisah teladan.
  15. Peserta didik mengemukakan pendapatnya tentang hikmah dari kisah tersebut.
  16. Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap kisah tersebut.
  17. Guru dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut sesuai yang terdapat dalam buku teks siswa pada kolom ”Rangkuman”.
  18. Pada kolom ”Ayo Berlatih”, guru a) Meminta peserta didik untuk mengerjakan bagian pilihan ganda dan uraian. b) Meminta peserta didik untuk mengerjakan tugas yang ada pada poin c.
  19. Peserta didik mempelajari materi jujur dan menepati janji dengan bimbingan dan arahan orang tua pada saat di rumah.
  20. Pada setiap akhir pembelajaran, guru memberikan nasihat kepada peserta didik agar mengambil hikmah dari materi yang dipelajari dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.
E. Penilaian
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik berupa Penilaian Sikap, Penilaian Pengetahuan, dan Penilaian Keterampilan.

F. Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, bagi peserta didik yang sudah menguasai materi, peserta didik mengerjakan materi tambahan contoh-contoh perilaku jujur, santun, dan malu dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengerjakan soal yang terkait dengan contoh-contoh perilaku jujur, menepati janji dalam kehidupan sehari-hari. (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).

G. Remedial
Bagi peserta didik yang belum menguasai materi, guru menjelaskan kembali materi tentang ”Mengukir kepercayaan dengan sifat jujur dan menepati janji” dan melakukan penilaian kembali (lihat poin E) dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan, contohnya: boleh pada saat pembelajaran apabila masih ada waktu atau di luar jam pelajaran 30 menit setelah pulang sekolah.

Komentar