Cara Mengatasi Anak Tidak Mau Makan Dengan Nonton Youtube


Anak, terutama balita yang sudah menginjak usia 1 – 5 tahun adalah masa-masa pertumbuhan memerlukan asupan makanan yang mengandung zat gizi dan vitamin agar tumbuh anak optimal.

Akan tetapi, terkadang ada saat-saat anak tidak mau makan. Padahal anak sudah waktunya untuk makan tetap saja dia tidak mau disuapin.

Kalau anak tidak mau makan, tentu akan membuat hati Ibu sedih. Kita merasa kasihan sama anak kita yang tidak mau makan. Apalah isi perutnya nanti. Kita mikirnya anak yang sering tidak mau makan, pasti akan berdampak buruk bagi kesehatannya yang dapat menyebabkan kesehatan tulang menurun/melemah karena kekurangan kalsium dan bisa membuat tubuh anak menjadi kurus.

Saya juga pernah mengalami dimana saat dan masa-masa anak tidak mau makan. Padahal anak kita tidak kenapa-kenapa, sehat kok dan bukan karena sakit. Menghadapi keadaan seperti ini membuat ibu pusing. Diluar sana, begitu banyak orang tua bingung bagaimana cara agar anak mau makan. Bahkan ada juga orang tua pasrah, anaknya dibiarkan tidak dikasih makan karena si anak gak mau makan.

Saya punya anak 1, laki-laki. Sekarang umurnya 1 tahun 9 bulan. Saat mau dikasih makan, anak saya seperti malas mau makan. Menghadapi anak yang tidak mau makan atau malas makan, saya punya tips dan triknya, yaitu anak diberi makan sambil nonton video youtube. Ya, saat si anak mau diajak makan, terlebih dahulu siapkan HP dan tongsis yang bisa berdiri. Untuk bisa nonton youtube tentunya harus ada paket internetnya dulu ya..

Berikut adalah cara yang saya lakukan untuk mengatasi anak tidak mau makan dengan nonton Youtube.
  1. Siapkan makanan lengkap dengan lauk dan sayurnya yang akan diberikan pada anak
  2. Pasangkan HP Smartphone ke tongsis dengan posisi berdiri
  3. Ajak dan silahkan dudukkan anak dimana si anak biasa dikasih makan, misalnya diruang tamu duduk di tikar atau di kursi.
  4. Sebelum makan biasakan dan ajari anak untuk berdoa terlebih dahulu sesuai dengan keyakinan
  5. Setelah selesai berdoa, silahkan buka Youtube. Pilih dan putar video yang disukai anak-anak. Misalnya kartun upin-ipin, tayo dan lain sebagainya. Kalau anak saya sukanya nonton mobil-mobilan. Ada banyak video di youtube khusus untuk anak-anak. Intinya putarlah yang disukai anak anda.
  6. Sambil si anak asyik nonton, suaplah anak anda.
Cara ini saya lakukan saat anak saya dikasih makan dan berhasil, atau bisa juga nonton televisi ketika ada film kartun kesukaannya.

Oh iya, cara ini mungkin tidak mempan bagi semua anak, karena anak anda mungkin sudah terbiasa dan sering nonton youtube atau sudah terbiasa megang hp. Sementara anak saya jarang sekali megang HP dan belum kecanduan HP, karena saya memang sengaja untuk tidak memberikan HP pada anak saya. Saat waktunya dimana anak saya mau makan saja dia dikasih nonton melalui HP itupun pakai tongsis bukan dia yang megang HPnya.