Tidak Bisa Bayar BPJS Lewat ATM, Begini Solusinya


Saya dan adik menunggak pembayaran BPJS Kesehatan mandiri lebih dari 1 tahun sehingga BPJS kami berdua tidak aktif. Jumlah tunggakannya Rp. 1.603.000/2 peserta kelas 3. Adapun alasan saya tidak rutin membayarnya adalah karena masalah ekonomi yang pada saat itu terjadi pandemi covid 19.

Puji tuhan, hari ini saya diberi rejeki oleh yang maha kuasa, sehingga saya mampu untuk membayar tunggakan BPJS tersebut.

Biasanya, untuk membayar iuran BPJS saya membayarnya lewat ATM. Tapi untuk kali ini, saya tidak bisa membayar tunggakan BPJS tersebut melalui ATM. Satpam ATM bilang, mungkin BPJS saya bermasalah karena lama menunggak dan tidak aktif. Saran pak satpam, saya disuruh mendatangi kantor BPJS.

Selepas dari ATM, saya langsung bergegas ke kantor BPJS Kesehatan cabang Medan yang berlokasi di Alamat: Jl. Karya No.135, Karang Berombak, Kec. Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara No. Telepon: 061-165.

Saya pun tiba di kantor BPJS Kesehatan Medan jam 12 siang, hari Selasa. Suasana dikantor itu sangat sepi. Begitu saya memarkirkan kereta (sepeda motor), saya didatangi oleh seorang pria (mungkin beliau petugas parkir atau sekurity, saya tidak sempat bertanya). Beliau menanyakan maksud kedatangan saya. Saya pun menjelaskan kepadanya tentang masalah pembayaran BPJS yang tidak bisa melalui ATM.

Beliau bilang, kantor sudah tutup. Karena pandemi covid-19, kantor buka pelayanan mulai jam 8-10 pagi, itupun dibatasi sebanyak 100 orang. Lebih lanjut, bapak itu menyampaikan kepada saya untuk masalah BPJS tidak aktif dan pembayaran tunggakan yang tidak bisa lewat ATM, solusinya dapat membayar di kantor POS.

Lalu, saya pun bergegas menuju kantor POS Menteng 7 Medan yang beralamat di Jl. Medan Tenggara VII No. 39, Medan Tenggara, Kec. Medan Denai, Kota Medan, Sumatera Utara.

Begitu saya tiba dikantor pos, saya pun mengutarakan maksud dan tujuan saya kepada petugas POS. Kemudian, saya mengambil uang dari dompet dan membayar tunggakannya.

Setelah pembayaran selesai diproses, saya langsung cek akun bpjs saya lewat aplikasi Mobile JKN. Akhirnya BPJS saya aktif kembali.

Berdasarkan pengalaman saya tersebut, dapat saya sampaikan bahwa solusi bayar tunggakan BPJS Kesehatan yang tidak bisa dari ATM adalah bayarlah di kantor POS.

Bagi anda yang mengalami tidak bisa bayar bpjs lewat ATM, mungkin pengalaman saya ini dapat bermanfaat bagi Anda. Mauliate godang.