Soal dan Jawaban materi Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908 – PPKn Kelas 8 SMP/MTs

Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas VIII SMP/MTs materi Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908 lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Berikan pendapatmu mengapa bangsa Eropa termasuk Belanda melakukan penjajahan ke negara-negara di Asia?
  2. Bagaimana masyarakat terdidik dan peduli terhadap bangsa dapat memerdekakan Indonesia?
  3. Berikan alasanmu mengapa organisasi Boedi Oetomo dapat dikatakan peletak semangat kebangkitan nasional?
  4. Apakah pada masa kini masih dibutuhkan orang-orang yang memiliki semangat seperti pada tahun 1908?
  5. Ceritakan berdasarkan yang kalian ketahui bagaimana seorang pelajar mampu mengubah nasib suatu bangsa!

Kunci Jawaban:

1. Pendapat saya mengapa bangsa Eropa termasuk Belanda melakukan penjajahan ke negara-negara di Asia adalah:
Karena bangsa Eropa mengalami rusaknya ekonomi akibat peperangan dan berkembangnya teknologi pelayaran pada abad ke-15 menyebabkan negara-negara di Eropa melakukan ekspedisi untuk mencari sumber-sumber ekonomi baru keseluruh dunia. Bangsa Eropa tidak hanya melakukan perdagangan melainkan langsung menguasai dan menjajah negara-negara yang mereka anggap baru diketemukan.

2. Masyarakat terdidik dan peduli terhadap bangsa dapat memerdekakan Indonesia dengan cara kaum elit terpelajar memimpin pergerakan nasional menggunakan organisasi modern. Lewat perlawanan menggunakan organisasi modern, masyarakat terdidik berusaha untuk menyadarkan dan menyatukan seluruh lapisan masyarakat untuk bangkit dan melawan penjajah agar Indonesia menjadi negara yang bebas dan merdeka.

3. Organisasi Boedi Oetomo dapat dikatakan peletak semangat kebangkitan nasional karena Organisasi Boedi Oetomo merupakan organisasi pertama yang memperjuangkan cita cita nasional memiliki AD/ART dan memberikan inspirasi kepada kaum nasionalis lainnya untuk berjuang dengan basis organisasi modern.

4. Pada masa kini masih dibutuhkan orang-orang yang memiliki semangat seperti pada tahun 1908, Ya, karena pada masa kini banyak tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia seperti tantangan arus globalisasi, intoleransi, dan radikalisme yang rawan menyebabkan perpecahan.

5. Seorang pelajar mampu mengubah nasib suatu bangsa dengan cara menempuh pendidikan guna membangun generasi yang berkualitas serta memiliki kesadaran berpolitik, visi dan gagasan yang ideologis untuk kemajuan bangsa dan negara.