Soal dan Jawaban materi Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan – IPS Kelas 8 SMP/MTs


Berikut adalah soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII SMP/MTs materi Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Jelaskan bagaimana penderitaan bangsa Indonesia akibat penjajahan pada masa VOC!
  2. Faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi Belanda menerapkan sistem Tanam Paksa di Indonesia?
  3. Bagaimanakah manfaat Sumpah Pemuda bagi kehidupan bangsa dan bernegara saat ini?
  4. Bagaimanakah sikap kaum pergerakan terhadap penjajahan yang dilakukan Jepang?
  5. Bagaimanakah sikap kalian sebagai pemuda memaknai kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pejuang?
Kunci Jawaban:

1. Penderitaan bangsa Indonesia akibat penjajahan pada masa VOC yaitu:
Pada masa tersebut masyarakat Indonesia merasakan sistem kerja rodi (kerja paksa). Selama kerja rodi, para pekerja tidak dibayar. Kalaupun dibayar, hanya sedikit saja yang diterima. Rakyat harus bekerja dengan menahan sakit dan kelaparan. Rakyat mengalami berbagai macam bentuk tindak kekerasan, menimbulkan penderitaan dan kemiskinan. 

2. Faktor-faktor yang melatarbelakangi Belanda menerapkan sistem Tanam Paksa di Indonesia, yaitu:
  • Kas negara Belanda kosong dan utang yang ditanggung Belanda cukup berat 
  • Belanda mengalami krisis keuangan usai Perang Diponegoro
  • Belanda menghabiskan biaya yang besar karena terlibat dalam peperangan di masa kejayaan Napoleon Bonaparte di Eropa
  • Untuk memberikan keuntungan yang besar bagi pemerintah kolonial
3. Manfaat Sumpah Pemuda bagi kehidupan bangsa dan bernegara saat ini adalah menguatkan identitas bangsa Indonesia karena adanya persatuan dan kesatuan yang mengikat seluruh warga negara Indonesia untuk mengakui dan bangga berbangsa bertanah air dan berbahasa satu yaitu Indonesia.

4. Sikap kaum pergerakan terhadap penjajahan yang dilakukan Jepang adalah awalnya kaum pergerakan menyambutnya dengan baik. Namun, Jepang hanya memanfaatkan Indonesia untuk kepentingan perangnya. Maka, kaum pergerakan melakukan gerakan bawah tanah atau gerakan yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi dengan memanfaatkan organisasi bentukan Jepang untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

5. Sikap saya sebagai pemuda memaknai kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pejuang yaitu: menghargai perjuangan para pahlawan bangsa dan bersikap kreatif, kritis, mandiri dan berani membela negara dan menjunjung tinggi prinsip-prinsip, asas-asas serta tujuan hidup bernegara sebagaimana telah dikumandangkannya Proklamasi Kemerdekaan dan asas kerohanian Pancasila serta nilai-nilai yang terkandung dalam Undang-Undang Dasar 1945.