Soal dan Jawaban materi Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 – PPKn Kelas 9 SMP/MTs


Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas IX SMP/MTs materi Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Jelaskan makna alinea pertama Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945!
  2. Upaya apa yang harus dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan sebagai cita-cita bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur?
  3. Jelaskan maksud bahwa kemerdekaan Indonesia adalah rahmat Tuhan Yang Mahakuasa!
  4. Jelaskan makna yang terkandung dalam alinea keempat Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945!
  5. Jelaskan pokok-pokok pikiran yang terdapat dalam Pembukaan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945!
  6. Jelaskan pentingnya pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi bangsa Indonesia!
  7. Bagaimana hubungan pokok-pokok pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan Pancasila?

Kunci Jawaban:

1. Makna alinea pertama Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yaitu bangsa Indonesia secara tegas berani memperjuangkan kemerdekaan dengan motivasi yang kuat, dasar, dan pembenaran perjuangan (kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan penjajahan bertentangan dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

2. Upaya yang harus dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan sebagai cita-cita bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur, yaitu
  • Menentang segala bentuk penjajahan
  • Menjadikan negara Indonesia yang bersatu dalam kesatuan
  • Menjadikan Indonesia sederajat dengan negara lain, bebas menentukan arah dan kebijakan bangsa sendiri tanpa campur tangan dari negara lain
  • Menegakkan keadilan bagi warga negara
  • Mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan bagi warga negara
3. Maksud bahwa kemerdekaan Indonesia adalah rahmat Tuhan Yang Mahakuasa, yaitu kemerdekaan yang dicapai bangsa Indonesia tidak hanya karena faktor material, tetapi juga karena berkat dan rahmat Tuhan yang Maha Kuasa. Hal ini menjadi motivasi spiritual yang memperkuat keinginan bangsa Indonesia untuk hidup bebas.

4. Makna yang terkandung dalam alinea keempat Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yaitu Bangsa Indonesia ingin melindungi segenap angsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial

5. Pokok-pokok pikiran yang terdapat dalam Pembukaan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah sebagai berikut:
  • Pokok pikiran persatuan, yaitu negara melindungi seluruh bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dengan berdasar atas persatuan.
  • Pokok pikiran keadilan sosial, yaitu negara mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
  • Pokok Pikiran Kedaulatan Rakyat, yaitu negara berkedaulatan rakyat berdasarkan atas kerakyatan dan permusyawaratan/perwakilan
  • Pokok Pikiran Ketuhanan, yaitu negara berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa, menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
6. Pentingnya pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi bangsa Indonesia adalah karena pokok pikiran Pembukaan UUD 1945 merupakan hal paling mendasar yang menjadi acuan bagi cita-cita nasional dan cita hukum bangsa Indonesia.

7. Hubungan pokok-pokok pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan Pancasila yaitu pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945 merupakan penjelmaan dari sila-sila Pancasila. Hubungannya dapat digambarkan jika Pancasila adalah rohnya, sedangkan pokok-pokok Pembukaan UUD 1945 adalah raganya.