Soal dan Jawaban materi Manusia, Tempat, dan Lingkungan – IPS Kelas 7 SMP/MTs

Berikut adalah soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VII SMP/MTs materi Manusia, Tempat, dan Lingkungan lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Indonesia memiliki letak yang sangat strategis dan kekayaan alam yang berlimpah, namun sampai saat ini belum mampu menjadi negara maju. Mengapa demikian?
  2. Persebaran penduduk Indonesia belum merata. Sebagian besar penduduk masih terpusat di Pulau Jawa. Bagaimanakah caranya agar terjadi pemerataan penduduk?
  3. Mengapa keanekaragaman hayati (flora dan fauna) di Indonesia tergolong sangat tinggi?
  4. Mengapa budaya Indonesia sangat beranekaragam?
  5. Jelaskan dampak dari interaksi keruangan di daerah tempat tinggal kalian!

Kunci Jawaban:

1. Indonesia memiliki letak yang sangat strategis dan kekayaan alam yang berlimpah, namun sampai saat ini belum mampu menjadi negara maju, karena Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia masih belum memadai dan kualitasnya jauh di bawah SDM negara maju, sehingga kekayaan alam yang dimiliki tidak dapat dikelola secara optimal.

2. Cara agar terjadi pemerataan penduduk adalah dengan melalui perpindahan penduduk dari daerah padat ke daerah jarang penduduk. Perpindahan penduduk dapat dilakukan dengan keinginan warga sendiri maupun melalui program pemerintah.

3. Keanekaragaman hayati (flora dan fauna) di Indonesia tergolong sangat tinggi, karena secara geografis, letak Indonesia dilewati oleh garis zamrud khatulistiwa dan memiliki iklim tropis, sehingga sangat mendukung perkembangbiakan keanekaragaman hayati.

4. Budaya Indonesia sangat beranekaragam, karena Indonesia terdiri dari berbagai latar belakang suku, budaya, tradisi dan agama.

5. Dampak dari interaksi keruangan di daerah tempat tinggal saya, yaitu lahan pertanian berubah menjadi pemukiman warga. Hal ini terjadi karena di daerah saya tingkat kepadatan penduduk yang terus meningkat.