Soal dan Jawaban materi Menghidupkan Nurani dengan berpikir Kritis – Agama Islam 12 SMA/SMK

Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII SMA/SMK/MA/MAK materi Menghidupkan Nurani dengan berpikir Kritis lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Jelaskan apa saja yang harus dilakukan oleh umat Islam terhadap ayat-ayat al-Qur'an yang menjelaskan tentang fenomena alam!
  2. Berdasarkan analisismu, jelaskan beberapa manfaat diciptakannya semut!
  3. Nyamuk yang biasa terbang ternyata menjadi makanan cicak yang tidak dapat terbang. Jelaskan makna di balik fakta tersebut!
  4. Jelaskan karakteristik orang yang cerdas dalam pandangan Rasulullah saw.!
  5. Jelaskan sikap dan perilaku umat Islam yang sejalan dengan pola pikir kritis dan cerdas!
Kunci Jawaban:

1. Hal yang harus dilakukan oleh umat Islam terhadap ayat-ayat al-Qur'an yang menjelaskan tentang fenomena alam, yaitu memikirkan dan mentadabburi semua ciptaan Allah Swt. sehingga kita sadar betapa Allah Swt. adalah Tuhan Pencipta Yang Maha Agung, Maha Pengasih lagi Penyayang dan mengantarkan kita menjadi hamba-hamba yang bersyukur. Hamba yang bersyukur selalu beribadah (ritual dan sosial) dengan ikhlas.”

2. Berdasarkan analisis saya, berikut beberapa manfaat diciptakannya semut, yaitu:
  • Semut mengajarkan kepada kita untuk selalu bertegur sapa, berjalan di jalan yang lurus, saling berbagi.
  • Membantu manusia dalam menyuburkan tanah, penyerbukan, penyebaran benih tanaman dan mengendalikan hama alami seperti hama kutu, kecoa, rayap dan lain sebagainya.
3. Nyamuk yang biasa terbang ternyata menjadi makanan cicak yang tidak dapat terbang. Makna di balik fakta tersebut yaitu:
Bahwa segala yang diciptakan Allah telah diatur rezekinya. Nyamuk diberi kemampuan untuk terbang mencari rezeki. Di sisi lain cicak yang tidak dapat terbang diberi rezeki oleh Allah dengan menciptakan nyamuk. Maka segala sesuatu yang diciptakan Allah telah diatur rezekinya. Rezeki dari Allah akan datang dengan sendirinya seperti nyamuk yang bisa terbang menjadi makanan cicak yang tidak dapat terbang.

4. Karakteristik orang yang cerdas dalam pandangan Rasulullah saw., yaitu mengumpulkan bekal amal soleh sebanyak-banyaknya untuk kehidupan pasca kematian (akhirat), karena “dunia tempat menanam dan akhirat memetik hasil (panen)”. Oleh karena itu, jika kita ingin memetik hasil di akhirat, jangan lupa bercocok tanam di dunia ini dengan benih-benih yang unggul, yaitu amal soleh.”

5. Sikap dan perilaku umat Islam yang sejalan dengan pola pikir kritis dan cerdas, antara lain:
  • Senantiasa bersyukur kepada Allah Swt. atas anugerah akal sehat;
  • Senantiasa bersyukur kepada Allah Swt. atas anugerah alam semesta bagi manusia;
  • Melakukan kajian-kajian terhadap ayat-ayat al-Qur’an secara lebih mendalam bersama para pakar di bidang masing-masing; 4) Menjadikan ayat-ayat al-Qur’an sebagai inspirasi dalam melakukan penelitian- penelitian ilmiah untuk mengungkap misteri penciptaan alam;
  • Menjadikan ayat-ayat kauniyah (alam semesta) sebagai inspirasi dalam mengembangkan iptek;
  • Mengoptimalkan pemanfaatan alam dengan ramah untuk kepentingan umat manusia;
  • Membaca dan menganalisis gejala alam untuk mengantisipasi terjadinya bahaya;
  • Senantiasa berpikir jauh ke depan makin termotivasi untuk menjadi orang yang visioner;
  • Senantiasa berupaya meningkatkan amal soleh dan menjauhi kemaksiatan sebagai tindak lanjut dari keyakinannya tentang adanya kehidupan kedua di akhirat dan sebagai perwujudan dari rasa syukur kepada Allah Swt. atas semua anugerah-Nya; dan
  • Terus memotivasi diri dan berpikir kritis dalam merespon semua gejala dan fenomena alam yang terjadi.