Soal dan Jawaban materi Rahmat Islam bagi Nusantara – Agama Islam 12 SMA/SMK

Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII SMA/SMK/MA/MAK materi Rahmat Islam bagi Nusantara lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Mengapa terjadi perbedaan pendapat tentang sejarah awal masuknya agama Islam ke Nusantara (Indonesia)?
  2. Apa yang kalian ketahui tentang perkampungan“Baros”di pesisir Sumatera dalam konteks sejarah masuknya agama Islam ke Indonesia?
  3. Secara global kita menyatakan bahwa agama Islam tersebar di Nusantara secara damai. Bagaimana kalian menjelaskan makna “damai” tersebut dalam kasus penaklukan bersenjata, pertempuran antar kerajaan Islam, atau bahkan perang saudara karena berebut kekuasaan, seperti yang terjadi di kerajaan Demak? Uraikan jawaban kalian dengan menganalisis latar belakang kasus-kasus tersebut!
  4. Agama Islam disebarkan melalui berbagai jalur/metode. Jalur apa yang menurut kalian paling cocok untuk digunakan dalam strategi dakwah dalam konteks abad digital seperti saat ini? Jelaskan alasan kalian!
  5. Nilai keteladanan apa saja yang dapat kamu ambil dari para muballigh pada masa awal datangnya Islam di nusantara?
Kunci Jawaban:
1. Terjadi perbedaan pendapat tentang sejarah awal masuknya agama Islam ke Nusantara (Indonesia), karena adanya perbedaan cara pandang yang disebabkan perbedaan bukti-bukti atau alasan yang mereka kemukakan, seperti teori Gujarat, teori Makkah, dan teori Persia. Masing-masing teori memiliki argumen ilmiah.

2. Yang saya ketahui tentang perkampungan“Baros”di pesisir Sumatera dalam konteks sejarah masuknya agama Islam ke Indonesia, yaitu:

Kampung Barus adalah kampung Islam di daerah pesisir Barat Pulau Sumatera yang juga disebut Fansur. Kampung kecil ini merupakan sebuah kampung kuno yang berada di antara kota Singkil dan Sibolga, sekitar 414 kilometer selatan Medan. Amat mungkin Barus merupakan kota tertua di Indonesia, mengingat dari seluruh kota di Nusantara hanya Barus yang namanya sudah disebut-sebut sejak awal Masehi oleh literatur-literatur Arab, India, Tamil, Yunani, Syiria, Armenia, China dan sebagainya. Berdasakan buku Nuchbatuddar karya Addimasqi, Barus juga dikenal sebagai daerah awal masuknya agama Islam di nusantara sekitar abad ke-7 M.

3. Makna “damai” bahwa agama Islam tersebar di Nusantara secara damai dalam kasus penaklukan bersenjata, pertempuran antar kerajaan Islam, atau bahkan perang saudara karena berebut kekuasaan, seperti yang terjadi di kerajaan Demak adalah agama Islam masuk ke Indonesia secara damai maksudnya adalah tanpa melalui peperangan atau kekerasan.

Sedangkan peperangan yang terjadi bukan dikarenakan permasalahan agama, melainkan karena adanya kesalahan pahaman dan pengaruh dari pihak lain.

4. Agama Islam disebarkan melalui berbagai jalur/metode. Menurut saya, jalur yang paling cocok untuk digunakan dalam strategi dakwah dalam konteks abad digital seperti saat ini adalah jalur media televisi dan media sosial. Karena saat ini, hampir semua orang telah memiliki Televisi di rumah dan mempunyai Smartphone. Sebab, dengan menggunakan media digital tersebut akan memudahkan kita dalam berdakwah kepada orang banyak tanpa dibatasi oleh jarak.

5. Nilai keteladanan yang dapat saya ambil dari para muballigh pada masa awal datangnya Islam di nusantara, diantaranya:
  • Mengutamakan perdamaian dan menghindarkan diri dari peperangan
  • Tidak menghilangkan budaya yang sudah berkembang, namun cukup menghapus ajaran yang menyimpang dan mengganti ajaran sesuai syara’
  • Tetap menghormati apabila ditolak ajarannya di suatu daerah
  • Dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar