Soal dan Jawaban materi Menyuburkan Kebersamaan dengan Toleransi dan Menghargai Perbedaan – Agama Islam (PAI) Kelas 9 SMP/MTs

Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Kelas IX SMP/MTs materi Menyuburkan Kebersamaan dengan Toleransi dan Menghargai Perbedaan lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Jelaskan pengertian waqaf menurut istilah ilmu tajwid!
  2. Jelaskan kandungan Q.S. Al-Hujarat/49:13!
  3. Sebut dan jelaskan 3 macam waqaf jaiz!
  4. Sebutkan masing-masing dua contoh toleransi di lingkungan rumah dan lingkungan sekolah!
  5. Jelaskan akibat negatif tidak adanya sikap toleransi dan menghargai perbedaan dalam masyarakat!
Kunci Jawaban:

1. Pengertian waqaf menurut istilah ilmu tajwid, yaitu memutuskan suara di akhir kata untuk bernafas sejenak dengan niat meneruskan bacaan selanjutnya.

2. Kandungan Q.S. Al-Hujarat/49:13 adalah:
Kita diajarkan untuk tidak membeda-bedakan orang lain berdasarkan kekayaan, warna kulit, ras, suku bangsa, dan perbedaan fisik lainnya. Kita diajarkan untuk menjadi orang yang mulia di sisi Allah Swt. berdasarkan ketakwaan kita. Kita juga diperintahkan untuk saling mengenal berbagai jenis dan karakter manusia agar mampu memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing.

3. 3 macam waqaf jaiz, yaitu:
  • Waqaf Jaiz Kafi. Tanda waqaf jaiz kafi adalah (قال). Apabila menemukan tanda ini ketika membaca Alquran, boleh berhenti atau lanjut membaca. Namun, lebih diutamakan untuk berhenti.
  • Waqaf Jaiz Tasawi. Tanda wagaf jaiz tasawi adalah (ج). Apabila menemukan tanda ini ketika membaca Alquran, boleh berhenti atau lanjut membaca. Hukum keduanya sama dan tidak ada yang lebih diutamakan.
  • Waqaf Jaiz Hasan. Tanda waqaf jaiz hasan adalah (صلى). Apabila menemukan tanda ini ketika membaca Alquran, boleh berhenti atau lanjut membaca. Namun, lebih diutamakan untuk lanjut membaca.
4. Contoh toleransi di lingkungan rumah:
  • Saling menyayangi antar anggota keluarga.
  • Menghargai anggota keluarga yang berbeda agama.
  • Jika sedang berhalangan puasa, menghormati anggota keluarga lain yang sedang berpuasa.
  • Menghormati anggota keluarga yang sedang merayakan hari raya agama yang dianutnya
Contoh toleransi di lingkungan sekolah:
  • Berteman dengan semua teman di sekolah meski beda agama, berasal dari suku atau daerah berbeda.
  • Menghormati teman yang sedang melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya
  • Tidak menghina teman yang berasal dari suku lain
5. Akibat negatif tidak adanya sikap toleransi dan menghargai perbedaan dalam masyarakat, yaitu: Dapat menimbulkan terjadinya perpecahan, perselisihan serta perang saudara, rasa apatis, dan saling mengucilkan, serta timbulnya sikap egois.