Soal dan Jawaban materi Toleransi Sebagai Alat Pemersatu Bangsa – Agama Islam 11 SMA/SMK

Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK materi Toleransi Sebagai Alat Pemersatu Bangsa lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Mengapa kita harus berperilaku toleransi?
  2. Jelaskan isi Q.S. al-M±idah/5: 32!
  3. Kemukakan pendapatmu jika ada pemimpin yang membiarkan adanya intoleransi!
  4. Sebutkan hadis yang menjelaskan pentingnya perilaku toleransi!
  5. Mengapa kita dianjurkan untuk berkompetisi dalam kebaikan?
Kunci Jawaban:

1. Kita harus berperilaku toleransi, karena dengan adanya toleransi dapat menciptakan kerukunan dan memberikan rasa nyaman terhadap sesama yang memiliki perbedaan dalam budaya, agama, ras, warna kulit, dan pilihan kepercayaan yang berbeda sehingga muncul keharmonisan dalam bersosial. Dengan begitu kehidupan kita akan berjalan dengan aman dan lancar tanpa keributan dan perselisihan.

2. Berikut adalah isi Q.S. al-Maidah/5: 32:


Artinya: “Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa ba-rangsiapa membunuh seseorang, bukan karena orang itu membunuh orang lain (qisas), atau bukan karena berbuat kerusakan di bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh semua manusia. Barangsiapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia. Sesungguhnya rasul-rasul Kami telah datang kepada mereka dengan (membawa) keterangan- keterangan yang jelas. Tetapi kemudian banyak di antara mereka setelah itu melampaui batas di bumi.” (Q.S. al-Maidah/5: 32)

Allah Swt. menjelaskan dalam ayat ini, bahwa setelah peristiwa pembunuhan Qabil terhadap Habil, Allah Swt. menetapkan suatu hukum bahwa membunuh seorang manusia, sama dengan membunuh seluruh manusia. Begitu juga menyelamatkan kehidupan seorang manusia, sama dengan menyelamatkan seluruh manusia. Ayat ini menyinggung sebuah prinsip sosial di mana masyarakat bagaikan sebuah tubuh, sedangkan individu-individu masyarakat merupakan anggota tubuh tersebut. Apabila sebuah anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh yang lainnya pun ikut merasakan sakit.

3. Pendapat saya jika ada pemimpin yang membiarkan adanya intoleransi, yaitu:
Saya tidak setuju dengan sikap seorang pemimpin yang membiarkan adanya intoleransi. Membiarkan intoleransi nantinya akan menjadi penghancur bagi toleransi. Pembiaran gerakan intoleransi di tengah-tengah masyarakat, khususnya Indonesia sangat berbahaya.

Seorang pemimpin hendaknya menyerukan kepada semua elemen masyarakat untuk berperan serta secara aktif dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara dengan menjaga keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat, berpartisipasi dalam menjaga kerukunan, di mana saja kita berada dan kapan saja waktunya.

4. Berikut hadis yang menjelaskan pentingnya perilaku toleransi:


Artinya: “Dari Anas ra. Sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda, “Demi (Allah) yang jiwaku di tangan-Nya, tidaklah beriman seorang hamba sehingga dia mencintai tetangganya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri.” (H.R. Bukhari Muslim)

5. Kita dianjurkan untuk berkompetisi dalam kebaikan, karena umat yang berkompetisi dalam kebaikan niscaya akan mendapatkan kesuksesan di dunia dan akhirat. Allah meridhoi setiap langkahnya, memudahkan urusannya, dan memberikan ganjaran pahala kepadanya.