Soal dan Jawaban materi Potensi Ekonomi Lingkungan - IPS 7 SMP


Berikut adalah soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII SMP materi Potensi Ekonomi Lingkungan lengkap dengan kunci jawaban.

I. Soal Pilihan Ganda:

1. Hutan dapat berfungsi sebagai hutan produksi, hutan lindung dan hutan konservasi. Berikut merupakan fungsi hutan dalam kegiatan produksi adalah …..
a. Melindungi sistem daya dukung lingkungan hidup
b. Melakukan perlindungan terhadap sistem penyangga kehidupan, pengawetan beragam jenis tumbuhan dan satwa
c. Menghasilkan bahan baku untuk pembuatan produk dan jasa
d. Mencegah terjadinya banjir, erosi dan mempertahankan kesuburan tanah untuk tanaman yang ada di dalamnya
e. Melindungi dan mengembangkan tumbuhan, satwa serta ekosistem yang ada di dalamnya secara alami

2. Pak Bambang melakukan penelusuran jejak serpihan mineral dengan cara mengambil sampel endapan sungai kemudian mendulangnya untuk mengetahui kandungan mineral berharga. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari…..
a. Pengolahan
b. Eksploitasi
c. Eksplorasi
d. Reboisasi
e. Prospeksi

3. Seseorang mempunyai pengaruh tertentu dalam masyarakat, sehingga dihormati akibat kedudukannya dalam masyarakat tersebut. Hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh dari…..
a. Pola sosial
b. Peran sosial
c. Status sosial
d. Konflik sosial
e. Hubungan sosial

4. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Kasta
(2) Keragaman warna kulit
(3) Tingkat pendidikan seseorang
(4) Pekerjaan yang beraneka ragam
(5) Agama yang dianut seseorang

Berdasarkan pernyataan di atas, pernyataan yang sesuai dengan konsep diferensiasi ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (5)
d. (2), (4), dan (5)
e. (3), (4), dan (5)

5. Peradaban Islam muncul menggantikan peradaban Hindu-Buddha dan mulai berkembang pesat salah satunya melalui Kerajaan Islam. Berikut ini yang kerajaan yang tidak bercorak Islam di Indonesia adalah…..
a. Samudra Pasai
b. Malaka
c. Demak
d. Mataram
e. Mataram Kuno

6. Perhatikan aktivitas yang ada di masyarakat berikut:
1) Perusahaan mengirimkan produknya ke minimarket di seluruh Indonesia
2) Mega membeli seragam untuk dipakai ke sekolah
3) Arif membeli pertalite untuk sepeda motornya
4) Perusahaan SR memproduksi roti dengan jumlah banyak
5) Ibu Tanti membeli tepung kemudian mengolahnya menjadi oda- ding untuk dimakan

Berdasarkan pernyataan tersebut, kegiatan yang dilakukan dalam rangka konsumsi adalah …..
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 5
c. 3, 4, dan 5
d. 2, 3 dan 4
e. 2, 3 dan 5

7. Ketika lapar Dimas memilih makan bakso, Erry memilih sate, Ismi memilih ayam goreng sedangkan Lili memilih mi untuk memenuhi kebutuhan akan makanan. Pernyataan tersebut menunjukan perbedaan permintaan berdasarkan…..
a. Selera
b. Harga
c. Penghasilan
d. Kualitas barang
e. Ramalan masa depan

8. Pasar merupakan tempat bertemunya pembeli dan penjual yang dilakukan secara langsung dan tidak langsung untuk melaksanakan transaksi jual beli. Fungsi pasar dalam menyalurkan barang dan jasa dari produsen kepada konsumen disebut sebagai fungsi …..
a. Pembentuk harga
b. Distribusi
c. Promosi
d. Konsumsi
e. Produksi

II. Soal Essay:
  1. Potensi sumber daya alam yang dimanfaatkan secara terus menerus mengakibatkan perubahan bagi kelangsungan alam. Salah satu dampak perubahan alam yang terjadi adalah menurunnya daya dukung lingkungan terhadap kehidupan manusia. Jelaskan faktor yang menyebabkan perubahan potensi sumber daya alam!
  2. Peradaban Islam mulai masuk ke Nusantara secara cepat dan menggantikan peradaban Hindu-Buddha. Ada beberapa metode yang digunakan dalam penyebaran Islam di Nusantara yaitu perdagangan, pernikahan, pendidikan, seni budaya, dakwah, dan tasawuf.  Di antara metode penyebaran Islam di Nusantara, manakah yang paling memengaruhi penyebaran Islam? Jelaskan alasannya!
  3. Tujuan produksi secara umum adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Produksi dipengaruhi oleh beberapa faktor. Jelaskan faktor yang memengaruhi produksi!
  4. Status sosial seseorang dalam masyarakat dapat berubah selama hidupnya. Sebutkan 3 jenis status sosial dalam masyarakat!
  5. Konflik peran seringkali terjadi di sekitar kita. Buatlah dua contoh konflik peran yang mungkin dapat terjadi disekitar kalian!
I. Kunci Jawaban Pilihan Ganda:
  1. C
  2. E
  3. B
  4. D
  5. E
  6. E
  7. A
  8. B
II. Kunci Jawaban Essay:

1. Faktor yang menyebabkan perubahan potensi sumber daya alam:
Jumlah populasi manusia yang semakin bertambah mengakibatkan bertambahnya kebutuhan termasuk akan kebutuhan bahan pangan. Eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan guna memenuhi kebutuhan manusia dengan prinsip maksimalisasi dan mengabaikan pelestarian lingkungan dapat menyebabkan pencemaran dan kerusakan lingkungan. Untuk memenuhi kebutuhan yang semakin banyak perlu diimbangi dengan penyediaan alat pemuas kebutuhan sehingga tidak mengakibatkan penurunan sumber daya alam. Pemanfaatan alam harus memperhatikan kelestarian lingkungan agar dampak negatif dapat diminimalisir dan potensi sumber daya alam tetap lestari.

2. Di antara metode penyebaran Islam di Nusantara, yang paling memengaruhi penyebaran Islam adalah sebagai berikut:
a. Perdagangan
Para pedagang menjalankan kewajiban untuk berdakwah dalam bentuk menyampaikan dan mengajarkan Islam kepada orang lain yang ditemuinya. Para pedagang muslim yang menetap di sekitar pelabuhan untuk membentuk perkampungan muslim.

b. Pernikahan
Metode pernikahan dilakukan dengan cara seorang yang telah memeluk agama Islam menikah dengan seorang yang belum menganut agama Islam. Sasaran utama menggunakan metode pernikahan adalah puteri raja dan bangsawan. Melalui metode pernikahan banyak raja dan bangsawan kemudian memeluk agama Islam.

c. Pendidikan
Pendidikan untuk menyebarluaskan agama Islam dilakukan dengan seorang murid atau santri yang berguru kepada seorang ulama di pesantren kemudian setelah cukup ilmunya dan lulus dari pesantren berdakwah ke daerah asal dan daerah lain yang belum memeluk Islam.

d. Seni Budaya
Seni budaya yang cukup sering digunakan oleh ulama dan wali dalam mendakwahkan Islam adalah dengan pagelaran wayang, upacara sekaten, seni pahat, seni ukir, seni tari, seni music dan seni sastra. Melalui kesenian yang sudah dipadukan dengan ajaran- ajaran Islam dan dikenal cukup menarik di masyarakat menjadi dakwah yang cukup efektif dalam menyebarkan Islam di daerah pedalaman.

e. Dakwah
Metode dakwah dilakukan oleh ulama dan wali dengan berdakwah ke kampung-kampung dan desa-desa untuk menyebarkan Islam.

f. Tasawuf
Metode tasawuf juga menjadi strategi dakwah yang efektif karena sesuai dengan kultur dari peradaban Hindu-Buddha di peradaban sebelumnya. Tasawuf yang menggunakan mistifikasi mudah dipahami oleh orientasi dari masyarakat Nusantara yang berorientasi kepada kebudayaan Hindu-Buddha.

3. Faktor yang memengaruhi produksi yaitu:
a. Faktor alam
Faktor alam yang dapat diperbaharui dapat digunakan dalam proses produksi dan ketersediaannya selalu ada di alam dan tidak akan habis namun manusia tetap harus menjaga kelestariannya. Faktor alam yang tidak dapat diperbaharui merupakan faktor alam yang lama kelamaan akan habis karena proses pembuatannya sangat lama bahkan mencapai ratusan tahun.

b. Faktor tenaga kerja
Tenaga kerja menjalankan kegiatan produksi secara langsung dengan tenaganya untuk menghasilkan barang dan jasa. Namun dengan perkembangan jaman, tenaga kerja menjalankan kegiatan produksi secara tidak langsung dan bertugas sebagai operator untuk menjalankan mesin produksi.

c. Faktor modal
Faktor modal meliputi semua barang dan benda yang digunakan untuk memperlancar dan memaksimalkan proses produksi. faktor produksi modal dapat berupa peralatan, mesin, gedung, dan benda penunjang kegiatan produksi lainnya.

d. Faktor kewirausahaan
Faktor keahlian berfungsi untuk mengontrol dan memastikan faktor-faktor produksi berjalan dengan baik dan menghasilkan produksi yang maksimal. Faktor produksi alam, tenaga kerja dan modal yang ada tidak akan maksimal jika perusahaan tidak memiliki faktor keahlian yang mampu mengelola semua hal tersebut.

4. 3 jenis status sosial dalam masyarakat yaitu:
  • Assigned status
  • Achieved Status
  • Ascribed Status
5. Contoh konflik peran yang mungkin dapat terjadi disekitar kita yaitu:
  • Seseorang yang menjadi guru, sekaligus menjadi ibu, sekaligus menjadi anak
  • Seseorang yang menjadi dokter dan ayah