Soal dan Jawaban materi Memperkukuh Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam NKRI – PPKn 11 SMA/SMK


Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas XI SMA/SMK/ MA/MAK materi Memperkukuh Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Uraikan arti penting persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia!
  2. Apa makna Wawasan Nusantara bagi bangsa Indonesia?
  3. Bagaimana perwujudan prinsip kesatuan dalam konteks kehidupan sosial?
  4. Apa saja yang menjadi keunggulan bangsa Indonesia?
  5. Bagaimana caramu menunjukkan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia?
  6. Uraikan hal-hal yang dapat memperkuat dan memperlemah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia!
Kunci Jawaban:

1. Persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia sangat penting bagi bangsa Indonesia karena melalui persatuan dan kesatuan, bangsa kita dapat dengan mudah mencapai kemajuan. Persatuan Indonesia adalah sebagai faktor kunci, yaitu sebagai sumber semangat, motivasi dan penggerak perjuangan dan pembangunan bagi bangsa Indonesia.

Hal itu tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 yang berbunyi sebagai berikut : “ Dan perjuangan pergerakan Indonesia telah sampailah pada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa menghantarkan rakyat Indonesia kedepan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur

2. Makna Wawasan Nusantara bagi bangsa Indonesia, yaitu cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dalam pelaksanaannya, Wawasan Nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional.

Wawasan Nusantara sebagai geopolitik dan landasan visional bangsa Indonesia pada hakikatnya merupakan perwujudan ideologi Pancasila. Wawasan Nusantara mengarahkan visi bangsa Indonesia untuk mewujudkan kesatuan dan keserasian dalam berbagai bidang kehidupan nasional: bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan.

2. Perwujudan prinsip kesatuan dalam konteks kehidupan sosial yaitu:

a. Dalam kehidupan di rumah, diantaranya:
  • selalu menampilkan sikap rukun melalui perilaku saling menghormati dan menyayangi dengan anggota keluarga yang lain
  • tidak memaksakan kehendak kepada anggota keluarga yang lain
  • menghargai perbedaan pendapat
  • menjaga nama baik keluarga ketika bergaul dengan orang lain dan sebagainya.
b. Dalam kehidupan di sekolah, diantaranya:
  • senantiasa menampilkan sikap dan perilaku saling tolong dan saling berbagi dengan teman
  • menghargai dan menghormati pendapat teman
  • tidak membedakan-bedakan teman dalam bergaul
  • menghormati guru dan sebagainya.
c. Dalam kehidupan di masyarakat, diantaranya:
  • harus tetap menjaga kerukunan warga dengan sikap tolong-menolong
  • saling menjaga perasaan
  • saling menghormati
  • saling menghargai hak orang lain
  • tidak membeda-bedakan suku, agama dan daerah
  • bersikap arif
  • mau bekerja sama dengan orang lain serta mau bekerja keras dalam membangun bangsa.
3. Yang menjadi keunggulan bangsa Indonesia adalah antara lain:
  • Jumlah dan potensi penduduknya yang cukup besar, yaitu menempati urutan keempat di dunia setelah RRC, India, dan Amerika Serikat.
  • Memiliki keanekaragaman dalam berbagai aspek kehidupan sosial budaya, seperti adat istiadat, bahasa, agama, kesenian, dan sebagainya.
  • Dalam pengembangan wilayah, kita mempunyai konsep Wawasan Nusantara sehingga sekalipun terdapat berbagai keanekaragaman namun prinsipnya kita tetap satu pandangan, yaitu yang memandang bangsa Indonesia merupakan satu kesatuan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan hankam.
  • Semangat sumpah pemuda yang selalu merasuki jiwa dan kalbu bangsa Indonesia. Sehingga dalam pergaulan yang ditonjolkan adalah bangsa Indonesianya, bukan dari mana asal daerahnya.
  • Memiliki tata krama atau keramahtamahan, sejak dahulu bangsa Indonesia sangat terkenal akan keramahan dan kesopanannya sehingga sangat menarik bangsa-bangsa lain di dunia untuk datang ke Indonesia.
  • Letak wilayahnya yang amat strategis, yaitu di posisi silang dunia sehingga membuat Negara Indonesia menjadi wilayah yang amat ramai dan mudah untuk dikunjungi dan disinggahi oleh bangsa-bangsa lain.
  • Keindahan alam Indonesia tidak disangsikan lagi, misalnya pantai-pantai di Bali (Pantai Kuta, Pantai Sanur dan sebagainya), Sumatra (Danau Toba), Jawa Barat (Pantai Pangandaran, Pantai Carita, Gunung Tangkuban Perahu). Keanekaragaman flora dan faunanya membuat bangsa Indonesia juga sering dikunjungi oleh bangsa-bangsa lain.
  • Salah satu keajaiban didunia juga ada di Indonesia, yaitu berupa Candi Borobudur yang tidak sedikit menarik wisatawan untuk datang ke Indonesia. Selain candi Borobudur, Indonesia pun mempunyai keajaiban dunia lainnya yaitu Pulau Komodo.
  • Wilayahnya sangat luas, yaitu 5.193.250 Km2 yang meliputi daratan seluas 2.027.087 Km2 dan lautan seluas 3.166.163 Km2.
  • Tanahnya amat subur dan kaya akan sumber alam.
4. Cara saya menunjukkan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia yaitu:
  • Senantiasa mencintai bangsa dan Negara dengan berperan aktif sesuai dengan bidangnya masing-masing.
  • Mencintai produk-produk dalam negeri.
  • Menjaga dan melestarikan lingkungan hidup dimana kita tinggal.
5. Hal-hal yang dapat memperkuat dan memperlemah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yaitu:

a. Hal-hal yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia
Ada tiga faktor yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yaitu Sumpah Pemuda, Pancasila, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Ketiga faktor tersebut merupakan pemersatu seluruh bangsa Indonesia yang dapat mempersatukan perbedaan dan keanekaragaman yang telah mewarnai kehidupan bangsa Indonesia. Perbedaan suku bangsa, agama, bahasa dan sebagainya dapat dipersatukan dengan menjalankan nilai-nilai yang terdapat dalam ketiga faktor tersebut, sehingga pada akhirnya akan memperkuat persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ketiga faktor tersebut adalah Sumpah Pemuda, Pancasila, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

b. Hal-hal yang dapat memperlemah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia
Faktor-faktor yang berpotensi menghambat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia di antaranya sebagai berikut.
1. Kebhinekaan/Keberagaman pada Masyarakat Indonesia.
Kondisi ini bisa menjadi penghambat persatuan dan kesatuan bangsa apabila tidak diiringi oleh sikap saling menghargai, menghormati dan toleransi yang telah menjadi karakter khas masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat mengakibatkan munculnya perbedaan pendapat yang lepas kendali, tumbuhnya perasaan kedaerah yang berlebihan bisa memicu terjadinya konflik antardaerah atau antarsuku bangsa.

2. Geografis
Letak Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau dan kepulauan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Daerah yang berpotensi untuk memisahkan diri adalah daerah yang paling jauh dari ibu kota, atau daerah yang besar pengaruhnya dari negara tetangga atau daerah perbatasan, daerah yang mempunyai pengaruh global yang besar, seperti daerah wisata, atau daerah yang memiliki kekayaan alam yang berlimpah.

3. Munculnya Gejala Etnosentrisme
Etnosentrisme merupakan sikap menonjolkan kelebihan-kelebihan budayanya dan menganggap rendah budaya suku bangsa lain.

4. Melemahnya nilai Budaya Bangsa
Lemahnya nilai-nilai budaya bangsa akibat kuatnya pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa, baik melewati kontak langsung maupun kontak tidak langsung.