Soal dan Jawaban materi Manusia sebagai Citra Allah – Agama Katolik 7 SMP


Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas VII SMP materi Manusia sebagai Citra Allah lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:

1. Simaklah teks kitab Kejadian 1:26-27 berikut ini dengan seksama!

26 Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung- burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” 27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. 

Jelaskan makna manusia diciptakan sebagai citra Allah berdasarkan kutipan tersebut!

2. Kalau semua manusia sebagai citra Allah, bagaimana sikap kita terhadap mereka?
3. Bagaimana sikap yang harus dikembangkan dalam menghadapi kenyataan bahwa manusia itu unik?
4. Bagaimana pendapatmu bila ada yang mengatakan laki-laki itu lebih hebat dari pada perempuan?
5. Dalam 1 Petrus 3:4 dikatakan: “tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah.”. Apa saja yang merupakan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh?

Kunci Jawaban:

1. Makna manusia diciptakan sebagai citra Allah berdasarkan kutipan tersebut yaitu manusia disebut citra Allah, karena diciptakan serupa dan segambar dengan Allah, dengan demikian ia harus mampu memancarkan kasih Allah kepada sesama. Manusia juga mempunyai kedudukan yang lebih luhur dibandingkan dengan ciptaan lainnya, karena diberi kuasa untuk menguasainya.

2. Kalau semua manusia sebagai citra Allah, sikap kita terhadap mereka adalah menghargai setiap orang apa pun keadaannya. Tidak merendahkan martabat seseorang.

3. Sikap yang harus dikembangkan dalam menghadapi kenyataan bahwa manusia itu unik adalah mensyukurinya sebagai anugerah Allah, saling bekerjasama untuk saling mengembangkan.

4. Pendapat saya bila ada yang mengatakan laki-laki itu lebih hebat dari pada perempuan yaitu pandangan itu tidak sesuai dengan ajaran Kitab Suci, karena sesungguhnya Allah menciptakan perempuan itu baik adanya, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan dan dipanggil untuk saling menyempurnakan.

5. Yang merupakan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yaitu manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah.