Soal dan Jawaban materi Keteladanan Tokoh Pahlawan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa – Kepercayaan 7 SMP

Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Budi Pekerti Kelas VII SMP materi Keteladanan Tokoh Pahlawan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa lengkap dengan kunci jawaban.

I. Soal Pilihan Ganda:
1. Tokoh Pahlawan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa memberi contoh langsung pengamalan nilai-nilai ajaran kepercayaannya melalui berjuang tanpa pamrih dan rela berkorban dengan tujuan …
A. Untuk memperoleh penghargaan dan tanda jasa.
B. Agar menjadi orang yang terkenal dan disegani.
C. Menjadi panutan dan suri tauladan untuk diamalkan orang lain.
D. Untuk mendapatkan harta yang banyak.

2. Pernyataan berikut ini yang sesuai dengan keteladanan tokoh pahlawan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah…
A. Mereka adalah seseorang yang terbaik yang merupakan pilihan Tuhan untuk memperjuangkan kehidupan masyarakat banyak melalui ajaran kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
B. Nilai-nilai luhur pada ajaran kepercayaannya yang merupakan warisan dari para leluhurnya diyakini merupakan tanggung jawab dan amanah namun tidak wajib diamalkan dalam kehidupannya.
C. Mereka dengan sabar, ikhlas dan gigih, dalam menegakkan kebenaran dengan penuh kejujuran, untuk mendapatkan pujian dan penghargaan dari orang lain.
D. Tokoh pejuang kepercayaan untuk memperjuangkan kehidupan yang lebih baik bagi orang banyak, digerakkan oleh kekuatan sendiri tanpa pertolongan Tuhan Yang Maha Esa.

3. Manusia harus giat bekerja keras dengan disiplin diri dalam kehidupannya dengan tujuan …
A. Agar dapat memenuhi kebutuhan hidup, sehingga memiliki kemampuan diri bersembah sujud kepada Tuhan Yang Maha Esa
B. Untuk menumpuk harta benda sebanyak-banyaknya agar menjadi orang yang kaya raya dan disegani oleh orang lain.
C. agar dapat meraih segala impian kita menjadi seorang penguasa
D. untuk membuat kita menjadi orang yang berhasil tanpa memperdulikan kepentingan orang lain

4. Seorang penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa meyakini dapat mencapai harapan atau cita-citanya dengan cara …
A. Bekerja keras hanya dengan kekuatan sendiri.
B. Hanya dengan mengharapkan bantuan dari orang lain.
C. Berusaha bekerja keras dan disiplin diri dengan pertolongan Tuhan.
D. Selalu disiplin dan bekerja keras tanpa pertolongan Tuhan.

5. Berikut merupakan konsep Kepemimpinan Pancasila menurut tokoh pejuang kepercayaan Arymurthy adalah…
A. Kepemimpinan yang berasas, berjiwa dan beramal pada keyakinan masing-masing.
B. Mewujudkan terselenggaranya kehidupan berbangsa yang luhur dan sejahtera berdasarkan Pancasila.
C. Menciptakan keterjalinan hidup manusia dengan Tuhannya, tanpa keserasian hidup antara sesama manusia serta lingkungan alam sekitarnya.
D. Tanpa memancarkan kebijakan yang dikelola dalam kebersihan hati dan keluhuran budi.

II. Soal Essay:
  1. Jelaskan sikap keteladanan tokoh pahlawan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang dapat kalian amalkan dalam kehidupan sehari-hari!
  2. Apa yang terjadi jika tidak ada tokoh pahlawan yang menegakkan ajaran kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa? Jelaskan!
  3. Jelaskan keteladanan Raja Sisingamangaraja dalam kepemimpinan!
  4. Jelaskan keteladanan KRMT. Wongsonegoro dalam kehidupan berbangsa dan bernegara!
  5. Apakah manfaat bagi generasi muda penghayat mengamalkan keteladanan Tokoh penghayat kepercayaan dalam kehidupan sehari- hari?
I. Kunci Jawaban Pilihan Ganda:
1. C
2. A
3. A
4. C
5. B

II. Kunci Jawaban Essay:
1. Sikap keteladanan tokoh pahlawan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang dapat saya amalkan dalam kehidupan sehari-hari adalah berjuang tanpa pamrih, rela berkorban, jujur, bekerja keras, percaya diri, dan pantang menyerah.

2. Yang terjadi jika tidak ada tokoh pahlawan yang menegakkan ajaran kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah mungkin ajaran kepercayaan akan punah dan perilaku penghayat akan melanggar ajaran kepercayaannya.

3. Keteladanan Raja Sisingamangaraja dalam kepemimpinan yaitu Raja Sisingamangaraja memerintah penuh welas kasih dan rasa keadilan. Raja Sisingamangaraja menentukan hukum dan peraturan-peraturan yang harus diikuti oleh seluruh manusia.

4. Keteladanan KRMT. Wongsonegoro dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu beliau mengutamakan kesederhanaan, keselarasan, patriotisme, disiplin, dan sangat religius.

5. Manfaat bagi generasi muda penghayat mengamalkan keteladanan Tokoh penghayat kepercayaan dalam kehidupan sehari- hari adalah agar generasi penghayat memiliki sifat sabar, ikhlas, dan gigih dalam menegakkan kebenaran dengan penuh kejujuran.