Soal dan Jawaban materi Berbuat Baik Merupakan Kewajiban dalam Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa – Kepercayaan 7 SMP

Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Budi Pekerti Kelas VII SMP materi Berbuat Baik Merupakan Kewajiban dalam Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa lengkap dengan kunci jawaban.

I. Soal Pilihan Ganda:
1. Bagi seorang pelajar yang bekerja keras, dengan cara …
A. Datang sekolah tepat pada waktunya.
B. Tidak pernah bolos sekolah.
C. Belajar dengan tekun dan tanggung jawab.
D. Membantu petugas kebersihan sekolah.

2. Yang bukan merupakan alasan manusia harus bekerja menolong dan melayani sesama adalah…
A. Mencapai penghargaan yang tinggi.
B. Mencapai kehidupan yang kekal di alam penciptaan.
C. Dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.
D. Mencapai kebahagian hidup di dunia.

3. Berikut ini yang dapat mendorong seseorang untuk berbuat baik terhadap sesama adalah …
A. Nilai-nilai budi pekerti luhur yang dihafalkannya.
B. Keikhlasan yang tinggi dan bekerja dengan hati yang tulus tanpa pamrih.
C. Tidak perlu norma-norma, dan peraturan yang berlaku.
D. Keteladanan yang dipelajarinya setelah usia dewasa.

4. Ajaran kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa mengajarkan kita untuk selalu bekerja keras di dalam jalan kebenaran. Kita wajib bekerja keras untuk tujuan …
A. Menumpuk harta benda sebanyak-banyaknya dan menjauhkan diri dari kemiskinan.
B. Memperoleh kekuasaan untuk memenuhi segala keinginan dan tidak dihina oleh orang lain.
C. Memuliakan Tuhan dengan cara mengamalkan segala peraturan ditetapkan oleh yang berwewenang dan mengasihi sesama.
D. Menolong sesama dengan harapan kelak orang lain akan menolong dan memberi imbalan yang setimpal.

5. Pernyataan berikut sesuai dengan semangat menjaga dan melestarikan lingkungan adalah …
A. Penghayat kepercayaan telah diajarkan nilai-nilai luhur tentang kearifan terhadap lingkungan, misalnya sebelum mengolah lahan pertanian untuk bercocok tanam, tidak perlu dilakukan ritual khusus.
B. Ritual khusus dan pitutur luhur tentang pengelolaan lingkungan bertujuan mempertahankan kelestariannya dan untuk mencegah terjadinya pencemaran lingkungan.
C. Kita semua menyadari bahwa peranan kearifan lokal tentang pengelolaan lingkungan tidak begitu penting lagi, karena keadaan lingkungan kita akhir-akhir ini terus semakin membaik.
D. Ancaman kerusakan keseimbangan alam kini semakin nyata, sehingga sangat diperlukan penanaman sikap kepedulian terhadap lingkungan kepada anak-anak kita melalui kearifan lokal.

II. Soal Essay:
  1. Deskripsikan bentuk pengamalan berbuat baik dalam kehidupan keluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara!
  2. Jelaskan upaya-upaya apa yang harus dilakukan oleh masyarakat Indonesia maupun dunia agar lingkungan kita yang semakin hari semakin memburuk dapat dipulihkan kembali!
  3. Ritual khusus dan pitutur luhur tentang pengelolaan lingkungan bertujuan mempertahankan kelestarian lingkungan dan untuk mencegah terjadinya pencemaran lingkungan. Jelaskan!
  4. Berkah yang kita peroleh dari hasil ketekunan dan kerja keras yang kita lakukan, dipergunakan untuk memuliakan Tuhan Yang Maha Esa dengan mengamalkan segala peraturan yang sudah ditetapkan oleh yang berwewenang (pemerintah), serta untuk mengasihi sesama. Tuliskan nilai ajaran kepercayaanmu yang berhubungan dengan pernyataan diatas!
  5. Jelaskan hubungan fenomena alam seperti badai, curah hujan tinggi yang menyebabkan banjir, dan pemanasan global, lain sebagainya dengan tindakan manusia yang kurang arif terhadap lingkungannya!
I. Kunci Jawaban Pilihan Ganda:
1. D
2. B
3. B
4. C
5. D

II. Kunci Jawaban Essay:

1. Bentuk pengamalan berbuat baik dalam kehidupan keluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yaitu saling menyayangi, saling menghargai, patuh dan taat pada peraturan pemerintah,dan Menjaga integritas bangsa dan negara.

2. Upaya-upaya apa yang harus dilakukan oleh masyarakat Indonesia maupun dunia agar lingkungan kita yang semakin hari semakin memburuk dapat dipulihkan kembali Penghijauan, Mengurangi polusi, Menggunakan energi terbarukan, dan penanaman Sikap kepedulian terhadap lingkungan melalui kearifan lokal kepercayaan.

3. Ritual khusus dan pitutur luhur tentang pengelolaan lingkungan bertujuan mempertahankan kelestarian lingkungan dan untuk mencegah terjadinya pencemaran lingkungan yaitu Penghayat kepercayaan telah diajarkan nilai-nilai luhur tentang kearifan terhadap lingkungan misalnya sebelum mengolah lahan pertanian untuk bercocok tanam dilakukan ritual khusus.

4. Nilai ajaran kepercayaan saya yang berhubungan dengan pernyataan diatas adalah Sedekah, menolong sesama tanpa pamrih, dan memuliakan Tuhan dengan melaksanakan perintahnya dan menjauhi larangannya.

5. Hubungan fenomena alam seperti badai, curah hujan tinggi yang menyebabkan banjir, dan pemanasan global, lain sebagainya dengan tindakan manusia yang kurang arif terhadap lingkungannya yaitu karena hilangnya keseimbangan alam, hilangnya kearifan terhadap lingkungan sesuai dengan nilai-nilai luhur kepercayaan.