Soal dan Jawaban materi Al-Qur’an Dan Sunah Sebagai Pedoman Hidup - Agama Islam 7 SMP

Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMP materi Al-Qur’an Dan Sunah Sebagai Pedoman Hidup lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Mengapa sebagai seorang muslim yang baik, harus menaati ulil amri selama kebijakan mereka tidak bertentangan dengan Al-Qur’an dan Hadis?
  2. Jelaskan fungsi Hadis terhadap Al-Qur’an!
Kunci Jawaban:

1. Sebagai seorang muslim yang baik, harus menaati ulil amri selama kebijakan mereka tidak bertentangan dengan Al-Qur’an dan Hadis, karena mentaati pimpinan menjadi kewajiban orang yang beriman. Ketaatan tersebut bermanfaat yang besar untuk umat yang sesuai dengan   ajaran Islam.

2. Fungsi Hadis terhadap Al-Qur’an adalah menetapkan dan memperkuat apa yang telah diterangkan di dalam Al-Qur’an, menafsirkan terhadap ayat-ayat yang masih mutlak dan memberikan pengkhususan terhadap ayat-ayat yang masih umum, memberikan kepastian hukum Islam yang tidak ada di Al- Qur’an dan memba- talkan ketentuan yang datang kemudian yang terdahulu, sebab ketentuan yang baru dianggap lebih cocok dengan lingkungannya dan lebih luas.

Komentar