Soal dan Jawaban materi Hubungan Erat Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 – PPKn 10 SMA/SMK

Berikut adalah soal mata pelajaran PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) Kelas 10 SMA/SMK materi Hubungan Erat Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Terangkan hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945!
  2. Berikan 2 contoh yang menunjukkan hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 dikaitkan dengan kehidupan peserta didik sehari-hari!
Kunci Jawaban
1. Hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 yaitu:
  • Hubungan formal. Artinya Pancasila dijadikan dasar dalam penyelenggaraan negara, serta sebagai norma positif. Pancasila memiliki kedudukan yang kuat dan tidak dapat diubah. Sedangkan Pembukaan UUD 1945 berkedudukan sebagai tertib hukum tertinggi
  • Hubungan material. Artinya UUD 1945 merupakan kaidah hukum negara Indonesia, yang mana seluruh unsur dan pokok kaidahnya bersumber dari Pancasila. Maka dapat dikatakan jika Pancasila juga merupakan tertib hukum Indonesia.
Hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 terdapat di Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 Alinea 4:

“... maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat ke- bijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.”

2. 2 contoh yang menunjukkan hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 dikaitkan dengan kehidupan peserta didik sehari-hari yaitu:

a. Pasal 29 UUD NRI Tahun 1945 merupakan salah satu terjemahan dan sekaligus upaya pelaksanaan sila pertama “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Kaitannya dengan kehidupan peserta didik sehari-hari contohnya:
  • Toleransi terhadap penganut kepercayaan dan agama lain
  • Sikap tenggang rasa dan membina kerja sama dengan pemeluk agama lain.
b. Pasal 34 UUD NRI Tahun 1945 erat kaitannya dengan usaha pelaksanaan sila “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab”. Kaitannya dengan kehidupan peserta didik sehari-hari contohnya:
  • Adanya jaminan sosial
  • Adanya jaminan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak