Soal dan Jawaban materi Pengenalan Norma dalam Kehidupan Sehari-hari – PPKn 10 SMA/SMK


Berikut adalah soal mata pelajaran PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) Kelas 10 SMA/SMK materi Pengenalan Norma dalam Kehidupan Sehari-hari lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Apa yang kalian ketahui tentang norma?
  2. Berikan contoh norma dalam kehidupan sehari-hari!
  3. Ceritakan pengalaman melaksanakan norma yang ada di dalam masyarakat se- kitar atau di sekolah!
  4. Apakah kalian akan terlibat dalam pertemuan atau rapat di tingkat sekolah dan lingkungan?
Kunci Jawaban
1. Norma memiliki 2 makna. Pertama, aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan, dan pengendali tingkah laku yang sesuai dan berterima.

Dalam pengertian ini, maka norma adalah sesuatu yang ber- laku dan setiap warga harus menaatinya. Kedua, aturan, ukuran, atau kaidah yang dipakai sebagai tolak ukur untuk menilai atau memperbandingkan sesuatu.

2. Contoh norma dalam kehidupan sehari-hari: Peraturan RT. Di dalamnya, misalnya, tentang bagaimana cara untuk mengurus KTP atau mendapatkan Pengantar Surat bila ingin mengurus izin berusaha di tingkat desa sampai kabupaten/kota. Ada aturan yang lebih sederhana, bagaimana agar semua warga tiap malam ikut ronda kampung untuk menjaga keamanan.

3. Pengalaman melaksanakan norma yang ada di dalam masyarakat sekitar atau di sekolah
a. Pengalaman melaksanakan norma yang ada di dalam masyarakat sekitar:
Antartetangga harus saling membantu jika ada kesulitan. Antarwarga tidak boleh melakukan aktivitas yang dapat mengganggu tetangga, seperti membunyikan musik keras-keras, dan lain sebagainya.

b. Pengalaman melaksanakan norma yang ada di dalam Sekolah:
Yang tertulis, misalnya, dalam bentuk tata tertib peserta didik dalam kelas. Yang tidak tertulis, misalnya, peserta didik harus saling membantu bila ada kesulitan dan saling menghormati atas perbedaan.

4. Ya, saya akan terlibat dalam pertemuan atau rapat di tingkat sekolah dan lingkungan. Dengan ikut terlibat dalam pertemuan maka interaksi sosial antarmanusia dapat berjalan dengan baik, saling menghormati, saling memberi, tolong menolong dalam kebajikan, dan menyayangi.