Soal dan Jawaban materi Membuat Kesepakatan Bersama – PPKn 10 SMA/SMK

Berikut adalah soal mata pelajaran PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) Kelas 10 SMA/SMK materi Membuat Kesepakatan Bersama lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Apakah yang dimaksudkan “Membangun Kesepakatan Bersama”?
  2. Bagaimana cara membuat kesepakatan bersama?
  3. Apakah kalian terlibat dalam rapat untuk membangun kesepakatan bersama di dalam keluarga, masyarakat atau di lembaga pendidikan?
  4. Ceritakan pengalaman kalian terlibat dalam rapat!
Kunci Jawaban

1. Membangun Kesepakatan Bersama adalah membuat sebuah kesepakatan kata atau permufakatan bersama dalam sebuah proses negosiasi termasuk dalam negosiasi untuk terciptanya integrasi sosial. Untuk membangun kesepakatan bersama diperlukan di antara unsur-unsur atau para pihak yang berbeda untuk menghindari konflik dalam kehidupan bersama.

2. Cara membuat kesepakatan bersama yaitu adanya negosiasi dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok atau organisasi) dan pihak (kelompok atau organisasi) yang lain dengan mengedepankan prinsip-prinsip berdemokrasi, seperti kesamaan di depan hukum, tidak boleh ada diskriminasi, senantiasa bersikap toleran, dan menghargai hak dari setiap orang atau pihak.

3. Ya. Dengan ikut terlibat dalam suatu rapat untuk membangun kesepakatan bersama di dalam keluarga, masyarakat atau di lembaga pendidikan maka interaksi sosial dapat berjalan dengan baik menjadi lebih asyik, lebih dinamis, dan saling mendukung.

4. Pengalaman saya terlibat dalam rapat:
Waktu itu saya mengikuti rapat pemilihan ketua dan pengurus OSIS di sekolah. Dalam proses rapat, sering tidak mudah, terlebih di awal. Peserta rapat dihadapkan dengan banyak kepala yang memiliki cara pandang dan pikiran berbeda-beda. 

Saya diusulkan sebagai Bendahara OSIS, dari awal saya tidak mau ditunjuk sebagai Bendahara OSIS. Namun mayoritas anggota rapat memilih saya untuk menduduki posisi Bendahara. Tapi saya mencoba menghargai pendapat mayoritas peserta rapat dan menerima keputusan bersama walau saya merasa tidak siap atas penunjukan tersebut.