Soal dan Jawaban materi Belajar dari Kekayaan Tradisi – PPKn 10 SMA/SMK

Berikut adalah soal mata pelajaran PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) Kelas 10 SMA/SMK materi Belajar dari Kekayaan Tradisi lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Pernahkah kamu menemukan praktik-praktik yang bertentangan dengan sema- ngat penghargaan terhadap keragamaan di lingkungan sekolah atau tempat tinggalmu? Berikan penjelasan.
  2. Banyak sekali budaya luar yang datang ke Indonesia dan disukai oleh anak-anak muda. Bagaimana kalian menjelaskan kenyataan ini?
Kunci Jawaban
1. Saya pernah menemukan praktik-praktik yang bertentangan dengan semangat penghargaan terhadap keragamaan di lingkungan sekolah yaitu siswi dipaksa memakai seragam ber-atribut agama tertentu. Padahal siswi tersebut berbeda agama.

Menurut saya, hal tersebut merupakan bentuk intoleransi atas keberagaman, sehingga bukan saja melanggar peraturan undang-undang, melainkan juga melanggar nilai-nilai Pancasila dan Kebhinekaan.

2. Banyak sekali budaya luar yang datang ke Indonesia dan disukai oleh anak-anak muda. Contoh budaya luar yang masuk seperti K-Pop dan K-Drama, kartun, anime, komik/manga, novel, sinetron, dsb.

Di tengah maraknya arus globalisasi yang masuk ke Indonesia ini, membuat dampak negatifnya sendiri bagi Bangsa Indonesia terutama bagi kalangan remaja Indonesia di bidang kebudayaan. Karena semakin terkikisnya nilai – nilai budaya kita oleh pengaruh budaya asing yang masuk ke negara kita dan sudah menghilang sedikit demi sedikit.

Salah satu contoh yang dapat dilihat dari sisi negatif kebudayaan asing yang datang ke Indonesia adalah gaya hidup orang asing, mulai dari cara berpakaian kurang sopan yang seharusnya tidak digunakan sampai dengan cara bergaul mereka.

Contoh sisi negatif lainnya yaitu, cara bergaul mereka yang terlalu bebas yang di adopsi remaja kita menyebabkan banyak sekali penyimpangan norma di Indonesia.