Soal dan Jawaban materi Peninggalan Sejarah Hindu di Asia - Agama Hindu X SMA/SMK

Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 10 SMA/SMK materi Peninggalan Sejarah Hindu di Asia lengkap dengan kunci jawaban.

I. Soal Pilihan Ganda
1. Peradaban pengetahuan tentang nilai-nilai ajaran kebenaran dalam sejarah agama Hindu dimulai pada zaman Weda. Pada zaman tersebut diperkirakan dimulai sejak tahun 2500 SM. Sejarah menguraikan bahwa ajaran Weda mulai dikodifikasikan oleh para Maha Rsi. Berikut ini penerapan ajaran Weda dalam kehidupan sehari-hari proses pemujaan kepada Tuhan dengan cara ..
A. melantunkan kidung-kidung suci bersama-sama
B. melalui ritual upacara
C. pemujaan dengan media upakara
D. melalui meditasi
E. melalui panca yaj├▒a

2. Pada zaman Brahmana dijelaskan bahwa kaum Brahmana atau orang yang memiliki kemampuan atau keahlian di bidang pengetahuan suci memiliki peran yang sangat dominan dalam kegiatan keagamaan. Berikut ini penerapan ajaran Weda dalam kehidupan sehari-hari dalam proses pemujaan kepada Tuhan pada zaman Brahmana dengan cara ..
A. melantunkan kidung-kidung suci bersama-sama
B. melalui ritual upacara
C. meditasi
D. Yoga
E. karma marga

3. Nilai-nilai ajaran kebenara dalam sejarah agama Hindu dalam sejarah Agama Hindu dimulai dari zaman Weda, zaman Brahmana, zaman Upanisad. Berikut ini penerapan ajaran Weda dalam kehidupan sehari- hari pada Zaman Upanisad  adalah ..
A. melantunkan kidung-kidung suci bersama-sama
B. melalui ritual upacara
C. pengetahuan suci menjadi bagian utama dalam kehidupan
D. yoga
E. karma marga

4. Kutai terletak di Pulau Kalimantan bagian Timur. Bukti sejarah perkembangan agama Hindu di Kalimantan Timur berupa ..
A. yupa
B. prasasti
C. patung
D. bangunan suci
E. karya sastra

5. Di Jawa Barat tepatnya di Bogor pada abad ke-5 berdasarkan bukti Prasti Ciaruteun disebutkan sebuah nama kerajaan. Nama kerajaan dimaksud adalah Kerajaan ..
A. Tarumanegara
B. Kutai
C. Salakanegara
D. Sriwijaya
E. Sri Lanka

II. Soal Essay:
  1. Peninggalan Hindu tidak hanya berbentuk prasasti, melainkan juga dalam bertuk karya sastra yang penuh dengan nilai-nilai etika kehidupan. Berikan contoh bentuk karya sastra yang dimaksud!
  2. Berikan beberapa contoh nilai-nilai yang ditemukan pada peninggalan sejarah Agama Hindu di Asia!
  3. Peninggalan sejarah agama Hindu memiliki nilai-nilai kebhinekaan. Berikan kajian analisis kalian dan contoh dalam melestarikannya pada kehidupan sehari-hari!
  4. Pada kehidupan bahwa peninggalan sejarah agama Hindu memiliki nilai-nilai kreatif. Berikan penjelasan contoh nilai-nilai kreatif tersebut!
  5. Nilai-nilai religius dapat kita temukan pada peninggalan sejarah Hindu di Asia. Berikan penjelasan nilai-nilai religius yang dimaksud!
Kunci Jawaban
I. Jawaban Pilihan Ganda:
1. A
2. B
3. C
4. A
5. A

II. Jawaban Essay:

1. Contoh bentuk karya sastra Peninggalan Hindu, antara lain:
  • Kitab Negarakertagama;
  • Kitab Sutasoma;
  • Kitab Arjunawiwaha; dan
  • Kitab Kuncarakarna.
2. Contoh nilai-nilai yang ditemukan pada peninggalan sejarah Agama Hindu di Asia, antara lain nilai religius, nilai kebhinnekaan, nilai kreatif, dan sebagainya.

3. Kajian analisis nilai-nilai kebhinekaan dapat ditemukan pada kekawin Sutasoma yang seratnya kental memuat nilai- nilai toleransi. Adapun contoh dalam melestarikannya pada kehidupan sehari-hari, yaitu:
  • menghargai adat istiadat;
  • berperan aktif mengembangkan tradisi;
  • tidak menonjolkan suku dan budaya sendiri.
4. Nilai-nilai peninggalan sejarah agama Hindu memiliki nilai-nilai kreatif, antara lain:
  •  memanfaatkan peninggalan untuk kepentingan agama;
  •  merawat untuk kepentingan sosial;
  •  memanfaatkan untuk kepentingan pendidikan;
  •  merawat untuk kepentingan kebudayaan, dan pariwisata.
5. Nilai-nilai religius dapat kita temukan pada peninggalan sejarah Hindu di Asia. Nilai-nilai peninggalan sejarah Hindu di Asia dapat dilihat pada kuil, candi, dan beberapa bukti peninggalan lainnya.