Soal dan Jawaban materi Nilai-Nilai Yājúa dalam Kitab Ramayana - Agama Hindu X SMA/SMK

Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 10 SMA/SMK materi Nilai-Nilai Yājúa dalam Kitab Ramayana lengkap dengan kunci jawaban.

I. Soal Pilihan Ganda
1. Ayodhyākāṇḍa dalam epos Rāmāyana yang menceritakan sang Daśaratha yang memerintahkan kepada anaknya, yaitu sang Rāmā diasingkan ke hutan selama 14 tahun. Sebagai wujud baktinya kepada sang Ayah, Rāmā menerima perintah tersebut dan pergi ke hutan. Selama perjalanan Rāmā pergi ke hutan dan sampai kembali, yang mendampingi adalah Dewi Sītā dan Lakṣamaṇa. Dari cerita tersebut, nilai karakter apa yang dapat kita temukan dalam cerita tersebut ..
A. kesetiaan dan tanggung jawab
B. santun
C. bergotong royong
D. disiplin
E. ketaatan

2. Dalam cerita Ayodhyākāṇḍa Lakṣmaṇa selalu berbakti kepada kakaknya dan ikut menyelesaikan permasalahan yang dialaminya. Demikianlah Yajña yang bisa dipersembahkan oleh Lakṣamaṇa kepada sang Rāmā sebagai kakaknya. Dalam cerita tersebut dalam panca yajña merupakan implementasi dari yajña ..
A. dewa yajña
B. rsi yajña
C. pitra yajña
D. manusia yajña
E. bhuta yajña

3. Bharata adik dari sang Rāmā yang memerintah Ayodhyā dengan bijaksana selama Rāmā tinggal di hutan. Bharata yang selalu hormat kepada sang Rāmā. Perilaku Bharata tersebut merupakan implementasi dari ajaran ..
A. dewa yajña
B. rsi yajña
C. pitra yajña
D. manusia yajña
E. bhuta yajña

4. Rāmā selalu berusaha menyayangi ayahnya, yaitu sang Daśaratha sekalipun harus menerima pembuangannya selama 14 tahun ke dalam hutan. Implementasi yajña sang Rāmā sebagai anak kepada sang Dasarata dalam nilai-nilai karakter kehidupan sebagai hakekat dari nilai ajaran ..
A. dewa yajña
B. rsi yajña
C. pitra yajña
D. manusia yajña
E. bhuta yajña

5. Bharata memerintah Ayodhyā dengan baik dan bijaksana selama Rāmā tinggal di hutan. Bentuk pengabdian dan bhakti Bharata dalam kepemimpinanya mencerminkan nilai-nilai ..
A. tanggungjawab
B. spiritual
C. sosial
D. disiplin
E. kejujuran

II. Soal Essay:
  1. Kitab Balakanda menceritakan Prabu Dasarata yang memiliki tiga permaisuri, yaitu Kosalya, Khekayi, dan Sumitra. Prabu Dasarata memiliki empat putra, yaitu Rāmā, Bharata, Lakṣmaṇa, dan Satrughna. Dari cerita tersebut, ceritakan secara singkat contoh baktinya Rāmā dan Lakṣmaṇa kepada ayahnya sebagai bentuk persembahan (yajña) kepada orang tuanya!
  2. Berikan contoh perilaku baik sebagai wujud bakti kepada orang tua atau saudara dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan hakikat dan nilai- nilai yajña yang terkandung dalam (jawaban saudara pada nomor satu, minimal lima contoh perilaku)!
  3. Implikasi dari nilai-nilai yajña dhasyam pada kitab Rāmāyana menjadi bagian yang sangat penting dalam kehitupan. Berikan contoh penerapanya dalam kehidupan!
  4. Implikasi sikap spiritual pada kehidupan dari ajaran pada nilai-nilai kitab Rāmāyana adalah smaranam. Berikan contoh penerapan nilai-nilai tersebut!
  5. Padasewanam merupakan implikasi dari nilai-nilai yajña pada kitab Rāmāyana. Berikan contoh penerapan dari nilai-nilai padasewanam pada kehidupan sehari-hari!
Kunci Jawaban

I. Jawaban Pilihan Ganda:
1. A
2. D
3. D
4. C
5. A

II. Jawaban Essay:

1. Contoh baktinya Rāmā dan Lakṣmaṇa kepada ayahnya sebagai bentuk persembahan (yajña) kepada orang tuanya, yaitu:
  • Tulus menerima perintah orang tua
  • bertanggung jawab
  • melaksanakan tugas sesuai perintah orang tuanya.
2. Contoh perilaku baik sebagai wujud bakti kepada orang tua atau saudara dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan hakikat dan nilai- nilai yajña, antara lain:
  • mendengar nasihat orangtua,
  • bertanggung jawab,
  • melaksanakan tugas sesuai perintah orangtua,
  • selalu mendoakan orangtua,
  • melaksanakan nasehat orangtua.
3. Implikasi dari nilai-nilai yajña dhasyam pada kitab Rāmāyana adalah Dhasyam, yang memiliki arti berpasrah diri. Contoh penerapan nilai-nilai Dhasya, antara lain:
  • tulus melaksanakan setiap tugas dan kewajiban;
  • menyerahkan sepenuhnya setiap karma kita kepada Hyang Widhi Wasa dan contoh lain yang memiliki hubungan dengan ketulusan dan berpasrah diri.
4. Implikasi sikap spiritual pada kehidupan dari ajaran pada nilai-nilai kitab Rāmāyana adalah smaranam. Contoh penerapan nilai-nilai smaranam dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:
  • Japa, secara berulang-ulang mengucapkan aksara OM; dan
  • melantunkan secara berulang-ulang aksara suci lainnya untuk keselamatan rohani maupun jasmani
5. Padasewanam merupakan implikasi dari nilai-nilai yajña pada kitab Rāmāyana. Contoh penerapan dari nilai-nilai padasewanam pada kehidupan sehari-hari, antara lain:
  • selalu bhakti kepada Hyang Widhi dengan cara rajin sembahyang, berbuat jujur; dan
  • bhakti kepada orangtua dengan cara melaksanakan nasehat orang tua.