Pesan Alkitab tentang Menjadi Dewasa Secara Spiritual


Berikut adalah pesan Alkitab tentang menjadi dewasa secara spiritual yang dikutip dari ayat Alkitab.

Kisah yang diceritakan dalam Lukas 2:42-52 adalah tentang Yesus yang sudah berusia 12 tahun. Untuk pertama kalinya Ia ikut orang tua-Nya beribadah ke Bait Allah di Yerusalem. Akan tetapi, ketika dalam perjalanan kembali ke Nazaret, orangtua Yesus tidak menemukan Yesus. Ini membuat orang tua- Nya kembali ke Yerusalem dan mereka menemukan Yesus sedang bercakap- cakap dengan para alim ulama di Bait Allah.

Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan-Nya membuat para alim ulama terheran-heran akan kecerdasan Yesus. Memang pada usia 12 tahun, seorang anak laki-laki sudah mendapatkan cukup banyak pembekalan untuk menyiapkannya menjadi dewasa. Akan tetapi, bahwa Yesus mampu bertanya jawab tentang hal-hal yang membuat para alim ulama terkagum-kagum menunjukkan bahwa Yesus memang sedang menjalani persiapan untuk kemudian memasuki pelayanan-Nya yang hanya berlangsung selama 3 tahun.

Dari usia 12 tahun hingga ke usia 30 tahun saat Yesus memulai pelayanan-Nya dengan mengumpulkan sejumlah murid bukanlah waktu yang pendek.

Dalam Alkitab juga tidak ada cerita tentang kehidupan Yesus pada masa-masa itu. Meskipun demikian, saat ini kita cukup memahami bahwa Yesus menggunakan kesempatan yang ada untuk menyiapkan diri. Perhatikan ayat ke-52, “Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat- Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.

” Dari ayat ini kita dapat mengenali bahwa Yesus bertumbuh dalam aspek fisik (bertambah besar), kognitif (bertambah hikmat), emosi (tidak marah kepada orang tua-Nya ketika orangtua menegur), sosial (dikasihi oleh manusia), spiritual (dikasihi oleh Allah), dan identitas diri (perhatikan ayat ke-49), “Jawab-Nya kepada mereka, “Mengapa kamu mencari Aku? Tidakkah kamu tahu, bahwa Aku harus berada di dalam rumah Bapa-Ku?”

Rasul Paulus memberikan pesan di dalam 1 Korintus 14:20 tentang perlunya pertumbuhan menjadi semakin dewasa secara spiritual.

Secara ringkas, dapat dikatakan bahwa bertumbuh menjadi dewasa secara spiritual hanyalah dapat diperoleh bila seseorang menjaga hubungan yang akrab dengan Tuhan melalui doa dan pembacaan firman (Sproul, 1998).

Dengan kata lain, dewasa secara spiritual akan diperoleh bila kita menjadikan Tuhan sebagai prioritas dalam kehidupan kita. Tidak pernah seseorang terlalu muda untuk mulai mengenal Tuhan secara pribadi.

Bertumbuh menjadi dewasa adalah tugas tiap orang. Sebagai pengikut Kristus, kita memaknai pertumbuhan ini seturut dengan teladan yang sudah diperlihatkan oleh Tuhan Yesus sendiri. Janganlah puas bila kita masih bertahan pada sikap kekanak-kanakan.

Kesimpulan:
Pesan Alkitab tentang Menjadi Dewasa Secara Spiritual yaitu:
  • Lukas 2:42 = Ketika Yesus telah berumur dua belas tahun pergilah mereka ke Yerusalem seperti yang lazim pada hari raya itu.
  • Lukas 2:4 = Jawab-Nya kepada mereka: "Mengapa kamu mencari Aku? Tidakkah kamu tahu, bahwa Aku harus berada di dalam rumah Bapa-Ku?"
  • Lukas 2:52 = Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.
  • 1 Korintus 14:20 = Saudara-saudara, janganlah sama seperti anak-anak dalam pemikiranmu. Jadilah anak-anak dalam kejahatan, tetapi orang dewasa dalam pemikiranmu!